Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

Proposal MAKESTA IPNU IPPNU

Under arsip: Perkuliahan.com.
edition of : 199 ( by key  : DOWNLOAD PROPOSAL MAKESTA IPNU IPPNU, proposal makesta pada dasarnya seperti proposal kegiatan pada umumnya. dalam pembuatan proposal makesta ini perlu dibuat yang tepat, karena proposal merupakan acuan sebagai gambaran kegiatan makesta yang akan dilaksanakan. 
next post: Proposal SEMINAR PELAJAR

Contoh : PROPOSAL KEGIATAN MAKESTA GABUNGAN WILAYAH BARAT

PC. IPNU-IPPNUKAB. BANJARNEGARA

 v  NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama “Makesta Gabungan PC. IPNU-IPPNU Kab. Banjarnegara”

DASAR PEMIKIRAN

Secara ideal, remaja khususnya remaja Islam selalu diharapkan kehadirannya sebagai penerus dan pewaris generasi tua. Dalam hal ini, generasi muda NU mau tidak mau harus siap menggantikan para tokoh-tokoh NU dan ulama’nya. Kehadirannya tentu saja tidak dapat dipisahkan dengan situasi dan tingkat kondisi umat.

Umat Islam dan juga komunitas-komunitas lain terus berkembang mengalami beberapa corak perbenturan kultural (tatanan sosial), dan setiap perkembangan itu menyebabkan munculnya realitas dan lingkungan sosial yang baru. Hal ini menuntut kesiapan generasi muda NU dalam menjawab tantangan global yang semakin terbuka tanpa batas. Mereka dituntut menemukan kaitan hubungan antara simbol dan idiom (maziyah) agama yang bertolak dari kesadaran dan keadaan lingkungan sosial yang universal. Generasi muda harus mampu menemukan relevansi dan signifikansi nilai-nilai Islam yang sebenarnya universal dengan realitas sosial yang berkembang di masyarakat.

IPNU-IPPNU sebagai organisasi tempat berhimbun generasi muda pelajar yang berada dalam kibaran panji Jam’iyah Nahdlatul Ulama, sebagai wadah penempatan jati diri, interaksi sosial, kejuangan dengan sandaran nilai keagamaan dan kebangsaan. Kelembagaan yang integral dari potensi generasi muda Indonesia, serta bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara secara utuh.

Dalam percaturan nasional IPNU-IPPNU merupakan salah satu pilar penyangga pembinaan generasi muda bangsa yang bertaqwa, berilmu dan berkarya, serta memiliki kedudukan yang strategis sebagai wahana kaderisasi Pelajar putra-putri NU sekaligus alat perjuangan NU dalam pembinaan pemuda.

Dengan harapan terciptanya generasi masa depan yang tangguh sehingga dapat menghantarkan bangsa Indonesia meraih cita-cita luhur dan menjadi bangsa besar yang diperhitungkan di tengah perhelatan kehidupan dunia.

Maka sehubungan dengan hal itu, PC IPNU-IPPNU Kabupaten Banjarnegara mengadakan acara “MAKESTA GABUNGAN WILAYAH BARAT PC.IPNU-IPPNU KAB. BANJARNEGARA

TEMA KEGIATAN

MENUJU GENERASI MUDA YANG MANDIRI, LOYAL DAN MILITAN DALAM BERASWAJA DAN BERBANGSA”

 v  TUJUAN KEGIATAN

  1. Tujuan Umum

Sebagai sarana pembentukan karakter kader yang mengarah pada perubahan jiwa, sikap, mental serta menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya suatu organisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  1. Tujuan khusus

Setelah mengikuti MAKESTA dengan serius, diharapkan peserta dapat:

a)      Memotivasi jiwanya untuk mau berorganisasi dan menjadi anggota IPNU-IPPNU aktif.

b)      Punya sikap dan mental sebagai anggota IPNU-IPPNU dan mampu menumbuhkan rasa cinta terhadap organisasi IPNU-IPPNU.

c)      Mampu menempatkan dirinya sebagai anggota masyarakat yang baik.

d)      Menumbuhkan rasa bahwa berorganisasi/ bermasyarakat adalah merupakan sebuah kebutuhan, dan IPNU-IPPNU adalah organisasi pilihan yang tepat untuk bersosialisasi.

TARGET KEGIATAN

Target dalam MAKESTA adalah diharapkan mampu:

  1. Membentuk kader yang menyadari tugas dan tanggungjawab terhadap organisasi.
  2. Membentuk kader yang mempunyai kesadaran tinggi akan pentingnya organisasi.
  3. Membentuk kader yang mempunyai motivasi tinggi untuk mengikuti pelatihan selanjutnya.
  4. Membentuk kader yang bisa mengembangkan dan memajukan organisasi secara spesifik serta untuk kemajuan generasi bangsa secara global.

DASAR KEGIATAN

  1. Rapat Pleno PC IPNU-IPPNU Kabupaten Banjarnegara pada tanggal 4 November 2012
  2. Peraturan Dasar IPNU-IPPNU pasal 8 Bab V.

 

PENYELENGGARA

Penyelenggara MAKESTA ini adalah PC IPNU IPPNU Kab. Banjarnegara. Untuk mengoptimalkan kegiatan ini PC IPNU-IPPNU menetapkan kepanitiaan yang terdiri dari:

  1. Pelindung                    : PC NU Kabupaten Banjarnegara
  2. Penanggungjawab       : PC IPNU-IPPNU Kabupaten Banjarnegara
  3. Tim Instruktur
  4. Tim Fasilitator

PESERTA

Peserta Makesta adalah Anggota PC IPNU-IPPNU yang belum pernah mengikuti Makesta sebelumnya, ditambah kader PAC dari beberapa Kecamatan di wilayah Kab. Banjarnegara.

INSTRUKTUR & FASILITATOR

Pengurus PC.IPNU-IPPNU Kab. Banjarnegara

JADWAL KEGIATAN

Terlampir

WAKTU DAN TEMPAT

Hari           : Sabtu-Ahad

Tanggal     : 17-18 November 2012

Tempat      : SMA Ma’arif Mandiraja Banjarnegara

Waktu        : Pukul 15.30 WIB – selesai.

PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat sebagai kerangka acuan serta bahan pertimbangan bagi pihak-pihak yang berkepentingan . Adapun hal-hal teknis yang belum tercantum dalam proposal ini akan diatur kemudian.

Teriring do’a dan harapan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan hidayah serta maunah-Nya kepada kita sekalian.Amin.

Jazakumullah khoirul jaza’.

 

 

Banjarnegara,     25 Dzulhijjah 1433 H

10 November 2012 M

 

 

Panitia Makesta

PC IPNU IPPNU KAB. BANJARNEGARA

M. Amrulloh,S.Pd.I

Ketua

Mislam

Sekretaris

Pimpinan Cabang

 IPNU IPPNU KAB. BANJARNEGARA

Mizanto, S.Pd.I

Ketua IPNU

Nur Ngazizah

Ketua IPPNU

 

 

next :  Contoh Proposal DIKLATAMA

Category: Dapur Umum

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*