Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

Penggunaan Metode CTL untuk materi Fiqih

 Penerapan  Metode CTL di Bidang Studi Fiqih

Under arsip: Perkuliahan.com.

next post : Model Pembelajaran Konstruktivisme
data post: Perkuliahan.com. edition of : 226/ cara  Penggunaan Metode CTL untuk materi Fikih

Penggunaan Metode CTL di Bidang Studi Fiqih

Metode mengajar dapat diartikan sebagai cara yang dipergunakan oleh pendidik dalam mengadakan hubungan dengan peserta didik pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. Dalam pandangan filosofis pendidikan, metode merupakan alat yang dipergunakan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Langgulung berpendapat bahwa penggunaan metode didasarkan atas tiga aspek pokok yaitu :

1)      Sifat-sifat dan kepentingan yang berkenaan dengan tujuan utama pendidikan Islam, yaitu pembinaan manusia mukmin yang mengaku sebagai hamba Allah.

2)      Berkenaan dengan metode-metode yang betul-betul berlaku yang disebutkan dalam Al-Qur’an atau disimpulkan daripadanya.

3)      Membicarakan tentang pergerakan (motivation) dan disiplin dalam istilah Al-Qur’an disebut ganjaran (shawab) dan hukuman (‘iqab).[1]

Di era globalisasi peserta didik dalam pembelajaran peru difasilitasi dengan berbagai sumber pembelajaran baik bersifat lokal maupun global, serta didukung fasilitas berbagai sumber belajar dan didukung jaringan kerja (network) yang digunakan untuk mengoptimalkan pengembangan diri mereka pada pembelajaran. Pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan materi yang dilakukan selam ini dianggap gagal menghasilkan peserta didik yang aktif, kreatif dan inovatif dalam mencapai keunggulan kompetitif di era globalisasi. Mereka hanya berhasil “mengingat” jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali diri mereka memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang. Oleh karena itu perlu perubahan pendekatan pembelajaran yang lebih bermakna sehingga dapat membekali peserta didik dalam menghadapi permasalahan hidup yang dihadapi sekarang maupun yang akan datang. Pendekatan pembelajaran yang cocok untuk hal di atas adalah Contextual Theaching & Learning (CTL).

CTL dapat digunakan dalam mata pelajaran apapun, dalam hal ini termasuk  pembelajaran Fiqh yang merupakan mata pelajaran penting sekaligus sebagai pendukung bagi pelajaran lainnya. Metode CTL baik sekali apabila digunakan dalam pembelajaran Fiqh karena Fiqh itu erat kaitannya dengan apa yang kita lakukan sehari-hari. Jika kita salah dalam memahami syariat islam maka akan sia-sialah ibadah yang kita lakukan. Dengan menggunakan metode CTL sebagi pendekatan dalam pembelajaran Fiqh diharapkan siswa tidak cukup hanya tahu dan hafal tapi mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Di samping itu usaha-usaha yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi masalah yang muncul dalam mengajar fiqih adalah berusaha menjalin kerja sama, menciptakan situasi belajar yang hidup, asyik dan menyenangkan, motivasi siswa agar selalu rajin belajar serta dapat membagi waktu sebaik-baiknya.

 


[1] Prof. DR. Ramayulis, Metodologi pendidikan Agama Islam, Kalam Mulia, Jakarta, 2008, hal.4

Under arsip: Perkuliahan.com.

next post : Model Pembelajaran Konstruktivisme
data post: Perkuliahan.com. edition of : 226/ cara  Penggunaan Metode CTL untuk materi Fikih

Category: Dapur Umum

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*