Naskah Soal IPS Dasar (1)

  1. Pembahasan literal mengenai IPS adalah lingkup social studies dan social science,  apa yang membedakan keduanya dan apa  pentingya mempelajarinya?

  1. Fakta dan Konsep merupakan landasan kajian penting dalam mempelajari IPS, bagaimana logika keilmuan menjelaskan  fakta dan konsep secara aplikatif dalam kajian IPS?
  1. Menurut Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) Indonesia merupakan negara konsumtif terbesar kedua di Dunia. adalah gaya hidup (lifestyle) dan rendahnya produktifitas dikalangan generasi muda sebagai pemicunya. Bagaimana menurut saudara sebagai pendidik yang seharusnya berperan sebagai counter attack  dalam  mengatasi hal tersebut?
  1. Lingkup kajian IPS diantaranya mecangkup, Geografi, Sejarah, Antropologi, Ekonomi, dan Sosiologi. Apa fungsi mendasar kenapa siswa  harus diajarkan materi tersebut dan sebutkan penjelasan asas manfaatnya masing-masing!
  1. Disharmoni dan krisis kepercayaan dalam struktur masyarakat menjadi fenomena yang buruk terlebih dalam situasi perpolitikan. Money politic politik dalam setiap pemilupun semakin mengarah pada fenomena tersebut.  Bagaimana tanggapan saudara melihat fenomena tersebut secara obyektif?
..........

9 comments on “Naskah Soal IPS Dasar (1)

  1. 1.Yang ingin saya tanyakan,bagaimana solusi yang paling efektif dan tepat untuk mengatasi terjadinya gep~gepan (pengelompokan siswa antara yang pandai dengan kurang pandai dan yang kaya dengan yg miskin) problem yang saya alami sebagai guru kelas 6 dan watak siswa ~siswi ditahun ini sungguh luar biasa sifat egoismenya tinggi sekali dibandingkan tahun~tahun sebelumnya karena sudah saya coba dengan menasehati bahkan kepala sekolah pun sudah terjun langsung namun masih diulang~ulang pagi.(S.I PGMI PROGRAM KHUSUS)

    • Guru adalah seorang dalang,dimana dia biss memainkan semua tokoh dalam pewayangan dan saya yakin bu tutik punya trik jitu untuk menanggani masalah tersebut….semangat

  2. Pada jaman modern ini siswa sudah canggih dalam hal teknologi namun dalam pendidikan misalnya dalam hal belajar ( mengerjakan PR, hafalan2 ) masih kurang. Bagaimana cara memberi motivasi agar siswa mampu melaksanakan tugas-tugas sekolah?

  3. Ruang lingkup IPS memang sangat luas, terkadang sebagai seorang guru juga harus terus belajar karena ketika kita hanya memngetahui apa yang sudah kita ketahui saja, tanpa mengikuti perkembangan tekhnologi khususnya, kita akan sangat ketinggalan jaman atau bisa dikatakan gaptek, sehingga apa yang kita sampaikan ke anak didik hanya akan menjadi bahan tertawaan mereka, dari soal-soal diatas menyadarkan saya betapa masih kurangnya saya dalam mempelajari tentang IPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *