Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

Metode pengajaran Pendidikan Islam

Metode pengajaran Pendidikan Islam

Under arsip:  Perkuliahan.com.
Post title :Metode pengajaran Pendidikan Islam
Post  Category   : Pendidikan Islam/ Metode pengajaran Pendidikan Islam, pencarian temen bagaimana metode pendidikan islam, metode pengajaran pai,  metode dalam menyampaikan materi pendidikan agama islam
data post: perkuliahan.com edition of : 99,

Metode Pendidikan Islam

baiklah dalam kuliahan kita bersama perkuliahan.com kali ini akan singkat membedah tentang metode pendidikan Islam, Dalam memilih dan menentukan metode pendidikan Islam, perlu memperhatikan metode yang tepat guna yaitu metode yang sesuai dengan materi pendidikan Islam. Dan secara fungsional dapat merealisasikan nilai-nilai ideal yang terkandung dalam tujuan pendidikan Islam.

 

Hasan Langgulung mengartikan metode sebagai “cara atau jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan pendidikan”.[1] Menurut beliau ada tiga aspek pokok yang harus diperhatikan dalam menetukan metode pendidikan Islam, yaitu:

1.      Metode harus disesuaikan dengan tujuan pendidikan Islam, yaitu pembinaan manusia mu’min yang mengaku sebagai hamba Allah.

2.      Metode-metode tersebut betul-betul berlaku dan disebutkan dalam Al-Qur’an atau disimpulkan dari padanya.

3.      Metode dapat membangkitkan motivasi dan disiplin atau ganjaran dan hukuman.[2]

Berkenaan dengan aspek pertama, menurut beliau karena tujuan utama pendidikan Islam adalah untuk membina karakter. Maka seorang pendidik tidak hanya cukup melindungi anak didiknya dari pengaruh-pengaruh buruk dan menunggu agar sifat-sifat asalnya berkembang sendiri, akan tetapi seorang pendidik harus bertanggung jawab mengasuh anak didiknya dengan baik. Seorang pendidik juga tidak hanya membiarkan anak didiknya menentukan sendiri pilihannya tanpa memperhitungkan akibatnya, dan seorang pendidik tidak seharusnya hanya diam sementara anak didiknya memilih jalan yang salah. Dari sini dapat diambil suatu pemahaman bahwa pada dasarnya walaupun Hasan Langgulung tidak menjelaskan secara gamblang mengenai jenis metode yang sesuai dengan aspek pertama ini, tapi dari uraian tersebut yang bisa dimasukkan adalah metode perhatian, memberi teguran, serta metode nasehat.

Berkenaan dengan aspek kedua, metode harus sesuai dengan yang diajarkan oleh Al-Qur’an dan Sunah. Dalam hal ini beliau banyak mencontohkan metode yang sesuai dengan aspek kedua ini, seperti metode lemah lembut dalam memberikan pendidikan, menggunakan metode pengulangan dan sebagainya. Sebagai contoh dari metode yang disebutkan dalam Al-Qur’an yang dapat diterapkan dalam pendidikan Islam adalah firman Allah :

ادع الى سبيل ربّك بالحكمة والموعظة الحسنة.

 

Artinya : “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan nasehat-nasehat yang baik”. (Q.S. An-Nahl : 125)[3]

 

Dalam ayat tersebut terdapat hikmah perkataan yang tegas dan benar, yang dapat membedakan antara yang hak dan yang bathil. Jadi dari sini dapat diambil gambaran bahwa ayat tersebut terdapat metode yang dapat digunakan dalam memberikan pendidikan Islam yang berupa metode nasehat dengan cara yang baik dan benar.

Berkenaan dengan aspek ketiga, metode yang digunakan seharusnya bisa membangkitkan motivasi peserta didik serta dapat membentuk kedisiplinan peserta didik, oleh Hasan Langgulung diterapkan metode ganjaran dan hukuman.

Jadi, dari uraian tersebut dapat diambil suatu pemahaman bahwa dalam pendidikan Islam oleh Hasan Langgulung menerapkan metode-metode antara lain nasehat, perhatian, teguran, cerita, pembiasaan atau pengulangan, pemberian hadiah atau ganjaran dan hukuman.

Dalam hal ini Abdullah Nasih Ulwan juga mengungkapkan beberapa metode yang influentif terhadap seorang anak, diantaranya :

1.      Pendidikan dengan keteladanan, ini merupakan metode influentif yang paling meyakinkan keberhasilannya dalam mempersiapkan dan membentuk anak di dalam moral, spritual dan sosial, karena pendidikan adalah contoh terbaik dalam pandangan anak, yang akan ditiru dalam tindak tanduknya.[4]

2.      Pendidikan dengan adat kebiasaan, yaitu dengan membiasakan dan mengulang-ulang perbuatan baik yang senantiasa diajarkan kepada anak akan membekas pada diri seorang anak.[5]

3.      Pendidikan dengan nasehat, ini dilakukan dengan cara menyeru kepada anak didik untuk melaksanakan kebaikan atau menegurnya bila melakukan suatu kesalahan.[6]

4.      Pendidikan dengan memberikan perhatian, maksudnya adalah mencurahkan, memperhatikan dan senantiasa mengikuti perkembangan anak dalam pembinaan akidah dan moral, persiapan spiritual dan sosial, di samping salalu bertanya tentang situasi pendidikan jasmani daya hasil ilmiahnya.[7]

5.      Pendidikan dengan memberikan hukuman, hukuman ini dilakukan dengan berbagai cara seperti ancaman, dengan marah, tidak diajak bicara, atau bisa dengan hukuman yang mengenai badan asal tidak terlalu berlebihan, karena tujuannya hanya agar anak merasa jera terhadap perbuatan tidak baik yang telah dilakukannya. [8]

Muhammad Quthb juga menguraikan metode-metode pendidikan Islam dalam bukunya “Sistem Pendidikan Islam” yang diterjemahkan oleh Salman Harun menyebutkan bahwa “ tekhnik-tekhnik pendidikan bisa melalui teladan, melalui teguran, melalui cerita-cerita, melalui pembiasaan dan melalui pengalaman-pengalaman kongkrit.[9]

Dari uraian-uraian tersebut dapat diambil suatu pemahaman bahwa baik Hasan Langgulung juga tokoh-tokoh lainnya dalam memberikan metode pendidikan Islam kebanyakan sama dan ada kecenderungan saling melengkapi, dan menurut analisis penulis metode-metode tersebut tepat sekali diterapkan pada pendidikan keluarga.

 

 



[1]Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, Op. Cit., hal 39.

[2]Ibid, hal 39-41.

[3]Al-Qur’an, An-Nahl ayat 125, Yayasan Penyelenggara Penerjemah Penafsiran Al-Qur’an, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, 1989, hal 421.

[4]Abdullah Nashih Ulwan, Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam, Jilid II, Asy- Syifa’, Semarang, hal 2.

[5]- semua ibid.

 

[9]Muhammad Quthb, Sistem Pendidikan Islam, Terj. Salman Harun, Al-Ma’arif, Bandung, 1993, hal 324.

Metode pengajaran Pendidikan Islam

Under arsip:  Perkuliahan.com.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*