Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

Manfaat Sholat Malam

Manfaat Fadhilah / Hikmah Melaksanakan Salat Malam.

under arsip:  Perkuliahan.com.

Judul postingan : Fadhilah / Hikmah Melaksanakan Salat Malam.

Bidang  postingan  : Manfaat dan keutamaan, sholat tahajud, sholat dhuha, Fadhilah / Hikmah Melaksanakan Salat Malam. 

……………. : arsip data perkuliahan.com edisi 81: dengan permitaan kata kun.apa manfaat sholat malam, fungsi sholat malam, keutamaan sholat malam, kelebihan sholat malam

Fadhilah / Hikmah Melaksanakan Salat Malam.

Perkuliahan kita kali ini akan membahas tentang manfaat dan fadhilah tentang sholat malam, dalam tulisan ini kita akan menyimak beberpa pandapat dan dalil yang menunjukan tentang manfaat sholat malam. sholat malam sendiri menurut perkuliahan.com merupakan ibadah suplemen yang sangat penting, ibaratkan kalau tubuh sangat membutuhkan minuman berkalsium sebagai tambahan asupan gizi untuk memperkuat tulang dimasa sekarang dan dimasa akan datang. tapi penggambaran tentang manfaat sholat malam ini tidak ada secuil dari manfaat sholat malam yang sesungguhnya. 

Salat merupakan sarana hubungan (silah) antara hamba dengan Rabbnya. Salat juga membantu seseorang untuk melepaskan diri dari keterkaitan (ta’alluq) dengan dunia. Dalam salat manusia memasrahkan diri dengan segenap jiwa raga, memalingkan semua urusan dunia dengan selalu mengagungkan nama Allah. Hubungan manusia dengan Tuhannya ketika salat menimbulkan perasaan tenang, damai dan terasa lepas semua beban yang ada.Salat sunnah malam yang dikerjakan pada malam hari menimbulkan ketenangan dan kekhusyu’an, karena waktu malam merupakan saat yang tenang dan panjang untuk bermunajat dan bertaqarrub kepada Allah.  syafaat nabi Muhammad kepada ummatnya pada hari kiamat.[1])Dalam ayat yang lain Allah juga menyebutkan keutamaan salat malam, yaitu:

Artinya, “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air. Sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang baik; mereka sedikit tidur di waktu malam.” (Q.S. Dzariat: 15 – 17).[2])
Ibadah salat malam juga sangat dianjurkan oleh Allah, karena hal itu akan lebih mantap di dalam hati dan lebih berkesan bacaannya, sebagaimana firman Allah:

Yang  Artinya, “Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.” (Q.S. Al-Muzzammil, 73: 6).[3])
Rasulullah juga menjelaskan, bahwa seutama-utamanya salat sesudah salat fardlu adalah salat malam, sebagaimana sabdanya:

[4]) Yang  Artinya, “Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah Saw. bersabda: seutama-utama salat sesudah salat fardlu adalah salat malam.” (H.R. Muslim).
Barang siapa yang membiasakan diri bangun malam dan melakukan salat dua rakaat, maka ia akan dapat merengkuh ampunan Allah,[5]) hal ini sesuai dengan hadits Nabi Saw.:

[6])    Yang  Artinya, “Tuhan kita Tabaraka Wata’ala turun pada setiap malam ke langit dunia, saat tersisa sepertiga malam terakhir dan berkata, “Barang siapa yang bermohon kepada-Ku maka Aku akan memperkenankannya, barang siapa yang meminta kepada-Ku maka Aku akan memberinya, barang siapa yang memohon ampunan-Ku maka Aku akan mengampuninya.” (H.R. Bukhari dan Muslim).Salat (salat malam) juga memberikan suatu keberuntungan bagi jiwa manusia, karena salat adalah 1)      sebagai penenang jiwa orang-orang yang gelisah2)      salat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar3)      salat dapat membentuk pribadi muslim yang berakhlak mulia4)      salat sebagai penangkal dari adzab neraka.[7])
Bagi orang yang melaksanakan salat malam dengan sempurna, maka Allah akan memuliakan dengan sembilan kelebihan, lima kelebihan di dunia dan empat kelebihan di akhirat. Kelebihan di dunia antara lain:1)      Allah memelihara dari bahaya-bahaya.2)      wajahnya tampak cerah berkat ibadah yang dilakukannya.3)      orang yang shaleh sangat suka kepadanya.4)      pembicarannya senantiasa bermanfaat dan berhikmah.5)      Allah menjadikan ia sebagai orang yang bijaksana dalam menghadapi urusan.Kelebihan di akhirat antara lain:1)      dibangkitkan dari kubur dengan wajah yang cerah ceria2)      perhitungan amal keburukannya dibuat ringan dan amal kebaikannya diberatkan3)      dapat melintasi titian dengan mudah4)      menerima catatan amal dengan tangan kanannya.[8])
Sementara itu salat sunnah hajat bertujuan untuk menolak suatu kejahatan, untuk menarik suatu kebajikan dan kesempurnaan. Dan sesungguhnya mengerjakan salat hajat adalah untuk meneguhkan tauhid dan iti’anah (memohon pertolongan) di dalam jiwa.[9])Salat istikharah juga disyariatkan karena mengandung dua hikmah, yaitu:1)      Bersalat isktikharah berarti memohon petunjuk dari Allah tentang baik buruknya perbuatan yang hendak kita kerjakan, serta mudah-mudahan Allah menetapkan jalan yang baik dan menyingkirkan kita dari jalan-jalan yang merugikan.2)      Menyatakan bahwa kita yang mengerjakan salat sunnah istikharah meniadakan kehendak sendiri dan menyerahkan diri kepada Allah pemegang kendali dan pengatur segala liku-liku kehidupan kita.[10])
       [1]) Dr. Juhaya S. Praja
       [2]) Prof. R.H.A. Soenarjo, S.H. dkk.
       [3]) Ibid.,
       [4]) Salim Bahreisy dan Drs. Abdullah Bahreisy,
       [5]) Abu Fajar Alqalami,
       [6]) Imam Abi al-Husein Muslim Ibn al-Hajjaj Abi Muslim al-Qusyairi an-Nisaburi, Al-Jamiush Shahih, Juz II, Dar al-Fiqr, Beirut, Libanon,
       [7]) M. Ali Hasan, Hikmah Salat dan Tuntunannya, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1996, hlm. 30 – 33.
       [8]) Abu Fajar Alqalami,
       [9]) Prof. Dr. T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy
       [10]) Ibid.,

Manfaat Fadhilah / Hikmah Melaksanakan Salat Malam.

under arsip:  Perkuliahan.com.

Category: Artikel Islam

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*