Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

makalah Tujuan Pendidikan Islam

 

under arsip:  Perkuliahan.com.

Judul Artikel /makalah :  makalah Tujuan Pendidikan Islam

Bidang  artikel /makalah  : tugas makalah  pendidikan islam, makalah tujuan pendidikan

………………………………………………………………………………………………………………………………………

makalah Tujuan Pendidikan Islam

Tujuan ialah suatu yang diharapkan tercapai setelah usaha kegiatan selesai[1]. Maka pendidikan merupakan suatu usaha dan kegiatan yang berproses melalui tahap-tahap dan tingkatan-tingkatan tujuannya bertahap dan bertingkat. Tujuan pendidikan bukanlah suatu benda yang berbentuk tetap dan setatis, tetapi merupakan suatu keseluruhan dari kepribadian seseorang, berkenaan dengan seluruh aspek kehidupannya.

Sebagaimana diungkapkan Hasan Langgulung, bahwa berbicara tentang tujuan pendidikan, tidak dapat tidak mengajak kita berbicara tentang tujuan hidup, yaitu tujuan hidup manusia. Sebab pendidikan hanyalah suatu alat yang digunakan oleh manusia untuk memelihara kelanjutan hidupnya (survival), baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat[2].

Dari pendapat Hasan Langgulung tersebut dapat dipahami bahwa tujuan yang hendak dicapai oleh pendidikan pada  hakikatnya adalah suatu perwujudan dari nilai-nilai ideal yang terbentuk dari dalam pribadi manusia yang diinginkan yang merupakan produk dari proses kependidikan yang mempengaruhi dan menggejala dalam prilaku Islamiah.

Hasan Langgulung memberikan uraian tentang tujuan pendidikan Islam yang dibagi menjadi tujuan akhir, tujuan umum dan tujuan khusus.

a.      Tujuan Akhir Pendidikan Islam

Dalam proses kependidikan tujuan akhir merupakan tujuan yang tertinggi yang akan dicapai pendidikan Islam, tujuan terakhirnya merupakan kristalisasi nilai-nilai idealitas Islam yang diwujudkan dalam pribadi anak didik. Maka tujuan akhir itu harus meliputi semua aspek pola kepribadian yang ideal.

Dalam konsep Islam pendidikan itu berlangsung sepanjang kehidupan manusia, dengan demikian tujuan akhir pendidikan Islam pada dasarnya sejajar dengan tujuan hidup manusia dan peranannya sabagai makhluk ciptaan Allah dan sebagi kholifah di bumi.

Sebagaimana diungkapkan Hasan Langgulung bahwa “segala usaha untuk menjadikan manusia menjadi ‘abid inilah tujuan tertinggi pendidikan dalam Islam”.[3]

 

 Sebagaimana firman Allah SWT :

وما خلقت الجنّ والإ نس الاّ ليعبدون.

 

Artinya : “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”.(Q.S.Adz-Dzariyat :56)[4]

 


 

Menjadi ‘abid merupakan perwujudan dari kepribadian muslim, sehingga apabila manusia telah bersikap menghambakan diri sepenuhnya kepada Allah berarti ia telah berada di dalam dimensi kehidupan yang mensejahterakan hidup di dunia dan membahagiakan di akhirat, inilah tujuan pendidikan Islam yang tertinggi.

b.     Tujuan Umum Pendidikan Islam

Yang dimaksud dengan tujuan umum pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung adalah perubahan-perubahan yang dikehendaki serta diusahakan oleh pendidikan untuk mencapainya, yang bersifat lebih dekat dengan tujuan tertinggi tetapi kurang khusus jika dibandingkan dengan tujuan khusus[5].

Dalam memberikan rumusan tujuan umum pendidikan Islam ini, Hasan Langgulung tidak mengungkapkan pendapatnya sendiri mengenai hal ini namun beliau mengutip beberapa pendapat dari tokoh-tokoh pendidikan Islam seperti Al-Abrasyi, An-Nahlawi, Al- Jawali, rumusan ini sebagaimana dituliskan dalam bukunya Hasan Langgulung “Manusia dan Pendidikan” sebagai berikut :

Al-Abrasyi dalam kajiannya tentang pendidikan Islam telah menyimpulkan lima tujuan umum bagi pendidikan Islam, yaitu :

1.     Untuk mengadakan pembentukan akhlak yang mulia.

2.     Persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat.

3.     Persiapan untuk mencari rezeki dan pemeliharaan segi manfaat.

4.     Menumbuhkan semangat ilmiah pada pelajar dan memuaskan keingin tahuan (curiosity) dan memungkinkan ia menggali ilmu demi ilmu itu sendiri.

5.     Menyiapkan pelajar dari segi profesional, tekhnikal dan pertukangan supaya dapat menguasai profesi tertentu, dan ketrampilan pekerjaan tertentu agar ia dapat mencari rezeki dalam hidup di samping memelihara segi kerokhanian dan keagamaan[6].

Nahlawi menujukkan empat tujuan umum pendidikan Islam, yaitu :

1.     Pendidikan akal dan persiapan fikiran.

2.     Menumbuhkan potensi-potensi dan bakat-bakat asal pada anak-anak.

3.     Menaruh perhatian pada kekuatan dan potensi generasi muda dan mendidik mereka sebaik-baiknya, baik laki-laki maupun perempuan.

4.     Berusaha untuk menyeimbangkan segala potensi dan bakat-bakat manusia[7].

Al-Jamali menyebutkan tujuan-tujuan pendidikan yang diambilnya dari Al-Qur’an sebagai berikut :

1.     Mengenalkan menusia akan perananya diantara sesama                                                                                                                                                                                                                                                                           manusia dan tanggung jawab pribadinya di dalam hidup ini.

2.     Mengenalkan manusia akan interaksi sosial dan tanggung jawabnya dalam tata kehidupan.

3.     Mengenalkan manusia akan alam ini mengajak mereka memahami hikmah diciptakannya serta memberikan kemungkinan kepada mereka untuk dapat mengambil manfaat dari alam tersebut.                                                                                                                                                                                         

4.     Mengenalkan manusia akan terciptanya alam ini (Allah) dan memerintahkan beribadah kepada-Nya[8].

Empat tujuan tersebut saling terkait, tetapi tiga tujuan pertama merupakan jalan ke arah tujuan yang terakhir yaitu mengenal Allah dan bertaqwa kepada Allah.

Dari Uraian tersebut dapat diambil suatu pemahaman bahwa Hasan Langgulung sependapat dengan pemikiran para tokoh yang diajukannya tersebut mengenai rumusan tujuan umum pendidikan Islam. Dan pada dasarnya dari uraian para tokoh tersebut dapat diambil suatu gambaran umum tentang tujuan ini yaitu :

1.     Pembentukan akhlak yang mulia.

2.     Untuk persiapan kehidupan dunia dan akhirat.

3.     Untuk menumbuhkan dan menyiapkan potensi-potensi insani.

4.     Untuk mempersiapkan peserta didik dalam bidang profesional dan ketrampilan.

5.     Memperkenalkan manusia akan posisinya, dan hubungan sosialnya, serta dengan alamnya.

6.     Mengenalkan manusia akan keberadaan Allah.

c.      Tujuan Khusus Pendidikan Islam

Tujuan khusus pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung adalah “perubahan-perubahan yang diingini dan merupakan bagian yang termasuk di bawah tiap tujuan umum pendidikan Islam”.[9]

Menurut beliau tujuan khusus pendidikan Islam ini tergantung pada institusi pendidikan tertentu, pada tahap pendidikan tertentu, pada jenis pendidikan tertentu, serta tergantung pada masa dan umur tertentu. Bila tujuan akhir pendidikan Islam adalah bersifat mutlak dan tidak bisa berubah, maka dalam tujuan khusus pendidikan Islam masih dapat berubah.

Meskipun tujuan pendidikan ini tidak bersifat mutlak dan masih dapat berubah, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap berpegang pada tujuan akhir dan tujuan umum pendidikan Islam. Dengan kata lain gabungan dari pengetahuan, ketrampilan, pola-pola tingkah laku, sikap, nilai-nilai dan kebiasaan yang terkandung dalam tujuan akhir dan tujuan umum pendidikan Islam, tanpa terlaksananya tujuan khusus ini, maka tujuan akhir dan tujuan umum juga tidak akan terlaksana dengan sempurna.

Achmadi membagi tujuan pendidikan Islam menjadi tiga yaitu tujuan tertinggi, tujuan umum dan tujuan khusus. Adapun perinciannya sebagai berikut :

a.   Tujuan tertinggi atau tujuan terakhir pendidikan Islam ini pada akhirnya sesuai dengan tujuan hidup manusia dan perananya sebagai ciptaan Allah, yaitu :

1.     Menjadi hamba Allah yang paling takwa.

2.     Mengantar subyek didik menjadi khalifatul fil ard.

3.     Untuk memperoleh kesejahteraan, kebahagiaan hidup di dunia sampai akhirat, baik individu maupun masyarakat.[10]

b.   Tujuan umum pendidikan Islam berfungsi sebagai arah, taraf pencapaiannya dapat diukur karena menyangkut perubahan sikap, perilaku dan kepribadian subyek didik. Adapun tujuan umum pendidikan Islam yang dimaksud adalah berupa tercapainya kepribadian muslim yang utuh yaitu terpadunya pikir, zikir dan amal pada pribadi seseorang.[11]

Hal ini menurut Achmadi merupakan kunci utama untuk sampai pada tujuan tertinggi yaitu ma’arifatullah dan ta’abbudilallah.

c.   Tujuan Khusus pendidikan Islam, bersifat relatif sehingga dimungkinkan untuk diadakan perubahan dimana perlu sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan, selama tetap berpijak pada kerangka tujuan tertinggi dan tujuan utama. Pengkhususan tujuan tersebut dapat didasarkan pada:

1.     Kultur dan cita-cita satu bangsa di mana pendidikan itu diselenggarakan.

2.     Minat, bakat dan kesanggupan subyek didik.

3.     Tuntutan situasi, kondisi pada kurun waktu tertentu[12].

Menurut Al-Ghazzali bahwa setiap pendidikan harus berakhir dengan pencapaian tujuan sebagai berikut:

1.     Insan purna yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2.     Insan purna yang bertujuan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.[13]

Kebahagiaan dunia akhirat dalam pandangan Al-Ghazzali merupakan kebahagian dalam proporsi yang sebenarnya, kebahagiaan yang lebih mempunyai nilai universal, abadi, dan lebih hakiki itulah yang diprioritaskan, sehingga pada akhirnya tujuan ini akan menyatu dengan tujuan yang pertama.

Dari uraian tersebut dapat dipahami bahwa Hasan Langgulung juga tokoh-tokoh pendidikan Islam lainnya terdapat kesesuaian tentang tujuan pendidikan Islam, yang pada dasarnya pembentukan manusia sebagai kholifah untuk senantiasa mendekatkan diri dan menyembah kepada Allah merupakan tujuan tertinggi dari pendidikan Islam. Sedangkan tujuan-tujuan yang lain seperti demi kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat, untuk mengembangkan potensi, untuk mempersiapkan peserta didik dalam bidang proporsional dan ketrampilan, serta pembentukan akhlak yang mulia merupakan tujuan-tujuan yang akan dapat menghantarkan kepada tujuan tertinggi dalam pendidikan Islam.

 


[1]Ibid, hal. 29.

[2]Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, Op. Cit, hal. 305.

 

[3]Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, Pustaka Al-Husna, Jakarta, 1986, hal. 57.

[4]Al-Qur’an, Surat Adz-Dzariyat Ayat 56, Yayasan Penyelenggara Penerjemah Penafsiran Al-Qur’an, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, 1989, hal. 862.

 

[5]Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, Op. Cit., hal. 59.

[6]Ibid, hal. 61.

 

[7]Ibid.

 

[8]Ibid, hal 61-62.

[9]Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, Op. Cit., hal 63.

[10]Achmadi, Op. Cit, hal. 64.

 

[11]Ibid, hal 69.

 

[12]Ibid,.hal 70.

[13]Fithiyah Hasan Sulaiman, Sistem Pendidikan Versi Ghazali, Terjemahan Fathur Rahman, Al-Ma’arif, Bandung, 1986, hal 24.

 

under arsip:  Perkulihan.com.

Judul Artikel /makalah :  makalah tentang Prestasi Belajar Siswa

Bidang  artikel /makalah  : tugas makalah  pendidikan, makalah evaluasi belajar siswa

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

1.      Pengertian  Prestasi Belajar (tentang belajar siswa)

Presatasi belajar terdiri dari dua kata yaitu : Prestasi dan belajar, prestasi menurut bahasa adalah hasil belajar yang telah dicapai.8 Menurut Suharsini Arikunto mengarti belajar  sebagai sesuatu yang terjadi karena adanya usaha  untuk mengadakan perubahan terhadap diri si pelaku belajar.9 Belajar menurut bahasa yaitu berusaha memperoleh  pengetahuan atau ilmu.10 Sedangkan menurut Oemar Hamalik, belajar adalah sebagai bentuk  pertumbuhan dan perubahan baru dalam bertingkah laku berkat pengalaman dan  latihan 11. Read more

» Filed Under Artikel Pendidikan, Makalah Pendidikan | Leave a Comment

Pemikiran Ibnu Miskawaih Tentang Pendidikan Pada Anak

Posted on October 18, 2011

  arsip Perkulihan.com.

Judul Artikel /makalah :   Pemikiran Ibnu Miskawaih Tentang Pendidikan Pada Anak-Anak

Bidang  artikel /makalah  : pemikiran tokoh pendidikan,

  1. Riwayat Hidup Ibnu Miskawaih

Nama lengkapnya adalah Abu Ali Ahmad bin Muhammad bin Ya’kub bin Miskawaih, disebut juga Abu Ali Al-Khazin.[1] Ibnu M


iskawaih dilahirkan di Ray (Teheran sekarang). Mengenai tahun kelahirannya, para penulis menyebutkannya berbeda-beda. M.M. Syarif menyebutkan tahun 320 H / 932 M. M. Margoliouth menyebutnya tahun 325 H. sedang wafatnya (semua sepakat) pada 9 Shafar 421 H / 16 Pebruari 1031 M.[2] Di sini penulis menggunakan tahun 320 H sebagai kelahirannya, dengan berdasarkan alasan bahwa ia pernah mengabdi kepada al-Mahallabi yang menjabat sebagai wazir pada tahun 339 H / 950 M dan meninggal pada 352 H / 963 M yang paling tidak ia telah berusia  sembilan belas tahun.[3]

» Filed Under Artikel Pendidikan, Makalah Pendidikan | 1 Comment

CONTOH PROPOSAL BANTUAN SARANA DAN PRASARANA TPQ

Posted on October 15, 2011

arsip Perkulihan.com.

CONTOH PROPOSAL BANTUAN SARANA DAN PRASARANA TPQ

Judul Proposal : CONTOH PROPOSAL BANTUAN SARANA DAN PRASARANA TPQ

Bidang  Proposal  : Proposal pembangunan, proposal permohonan bantuan .

…………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Nomor : 004/MTNQ/III/2010
Lamp   : 1 Bendel
Hal      : Permohonan Bantuan Dana
Kepada :

Yth.GUBERNUR JAWA TENGAH
  Di
       SEMARANG
       Prigi, 29 Maret  2010
Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.
Puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua,. Sholawat serta salam semoga tetap terlimpah atas Junjungan kita nabi agung Nabi Besar Muhammad SAW.
Dalam rangka upaya meningkatkan Kegiatan Belajar Mengajar  di Majelis Ta’lim Nurul Qur’an  dan masyarakat  sekitar , kami atas nama Pengasuh Majelis Ta’lim Nurul Qur’an  yang terletak di Desa Prigi Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah bermaksud mengajukan permohonan bantuan dana untuk Pembangunan Gedung Majelis Ta’lim Nurul Qur’an    sebesar Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Ribu  Rupiah )  kepada Gubernur Jawa Tengah
         Sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami sampaikan lampiran :
1.      Proposal Permohonan Sarana dan Prasarana
2.      Susunan  Panitia Pembangunan
3.      Profil Majelis Ta’lim Nurul Qur’an Read more

» Filed Under Contoh Proposal | Leave a Comment

Informasi Beasiswa Kuliah 2011,2012 Biro PKLN S1, S2, S3

Posted on October 14, 2011

Informasi Beasiswa Kuliah dalam dan luar negeri, dari Biro PKLN S1, S2, S3,

Mendapat Beasiswa untuk studi di kampus merupakan kebanggaan tersendiri, karena ketika kita mendapatkan beasiswa s1, s2, maupun s3 sudah pasti atas dasar seleksi yang ketat, ingat  filem india 3 ideot ??disana  ada ungkapan yang sangat menggetarkan jiwa yaitu ” hidup adalah persaingan”  setiap manusia diciptakan melalui seleksi dan kompetensi, siapa cepat dan tepat dia dapat, tapi bagi siapa yang lamban dan tak mau bersaing maka dia akan ditendang… hihii.. Read more

» Filed Under Info Beasiswa S1 S2 dan S3 | Leave a Comment

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS PTK PAUD / TK

Posted on October 14, 2011

Contoh : PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS PTK PAUD / TK

Judul Proposal : PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS PTK PAUD / TK

Bidang  Proposal  : Proposal penelitian tindakan kelas, contoh proposal PTK  PAUD, TK

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS PTK PAUD / TK A.

A. JUDUL PENELITIAN

Upaya meningkatkan Kognitif siswa bidang mengelompokan bentuk melalui Media Kalung Bentuk Geometri pada siswa kelompok umur 3 – 4 tahun KB Setya Rini I Gembongan.

B. BIDANG KAJIAN Pengembangan Kognitif

C. PENDAHULUAN

Sesuai dengan KBK TK (dalam Masibah, dkk 2004) disebutkan bahwa pengembangan kemampuan kognitif anak di TK bertujuan untuk mengembagkan kemampuan berfikir anak agar daapt mengolah perolehan belajarnya, dapat menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, membantu anak untuk mengembangkan kemampuan logika matematikanya serta mengetahui akan ruang dan waktu. Mengembangkan kemampuan memilah-milah dan mengelompokan serta mempersiapkan pengembanagn kemampuan berfikir teliti. Terkadang kemampuan logika ini Read more

» Filed Under Sekolahan | Leave a Comment

Makalah Pendidikan Aqidah Akhlak

Posted on October 12, 2011

Makalah Pendidikan Aqidah Akhlak

Judul makalah : Makalah Pendidikan Aqidah Akhlak

Bidang  makalah  :  Makalah pendidikan akidah akhlak, makalah pendidikan Islam, makalah pai tentang akhlaq, makalah pendidikan akhlaq.

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Makalah Pendidikan Aqidah Akhlak
1.      Pengertian Pendidikan Aqidah Akhlak.

Akhlak Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata akhlak diartikan sebagai budi pekerti atau kelakuan. Kata akhlak walaupun terambil dari bahasa Arab (yang biasa diartikan tabiat, perangai, kebiasaan bahkan agama), namun kata seperti itu tidak ditemukan dalam al-Quran yang ditemukan hanyalah bentuk tunggal kata tersebut yaitu khuluq yang tercantum dalam al-Quran surat al-Qalam ayat: 4وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيمٍ ﴿القلم4﴾Dan Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. (QS. Al-Qalam : 4)Ayat tersebut dinilai sebagai konsideran pengangkatan Nabi Muhammad Saw sebagai Rasul.[1]Islam memandang akhlak sebagian dari iman atau sebagian dari buahnya yang matang. Jadi akhlak itu bukanlah semata-mata sikap lemah lembut dan baik dalam pergaulan, seperti yang dipahami oleh kebanyakan orang meskipun ini adalah tonggak yang kukuh dari akhlak seorang muslim.

[2]Bertitik tolak dari pengertian Bahasa Indonesia yakni a Read more

» Filed Under Makalah Pendidikan Islam | Leave a Comment

Makalah Prestasi belajar siswa

Posted on October 12, 2011

Makalah Prestasi belajar siswa

Judul makalah : Makalah Prestasi belajar siswa

Bidang  makalah  :  Makalah Pendidikan/makalah pembelajaran/makalah kesiswaan

……………………………………………………………………………………………………………………

Prestasi Belajar Siswa1.  

Pengertian  Prestasi Belajar Presatasi belajar terdiri dari dua kata yaitu : Prestasi dan belajar, prestasi menurut bahasa adalah hasil belajar yang telah dicapai.8 Menurut Suharsini Arikunto mengarti belajar  sebagai sesuatu yang terjadi karena adanya usaha  untuk mengadakan perubahan terhadap diri si pelaku belajar.9 Belajar menurut bahasa yaitu berusaha memperoleh  pengetahuan atau ilmu.10 Sedangkan menurut Oemar Hamalik, belajar adalah sebagai bentuk  pertumbuhan dan perubahan baru dalam bertingkah laku berkat pengalaman dan  latihan 11.Dari beberapa pengertian diatas dapat penulis simpulkan bahwa prestasi belajar  merupakan kemampuan sipelaku belajar dalam  usahanya untuk mengadakan perubahan berkat pengalaman dan pelatihan sehingga mendapatkan pengalaman baru, konsep dan ketrampilan serta  terbentuk sikap yang baru.

Read more

» Filed Under Makalah Pendidikan | Leave a Comment

MAKALAH TREN KEPERAWATAN MANDIRI MASA KINI

Posted on October 12, 2011

MAKALAH TREN KEPERAWATAN MANDIRI MASA KINI

Judul makalah : MAKALAH TREN KEPERAWATAN MANDIRI MASA KINI

Bidang  makalah  :  Makalah kesehatan/ makalah keperawatan /makalah kesehatan masa kini

…………………………………………………………………………………………………………

Perawat sebagai pemberi pelayanan keperawatan sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, keluarga, kelompok maupun individu. Hal ini menyebabkan perawat selalu menjadi pusat perhatian dari masyarakat maupun pasien yang dirawatnya. Mengikuti perkembangan perawatan dunia, para perawat menginginkan perubahan yang mendasar dalam kegiatan profesinya. Kalau tadinya hanya membantu tugas pelaksanaan tugas dokter, yang menjadi bagian dari upaya pencapaian tujuan asuhan medis, kini mereka, menginginkan pelayanan keperawatan mandiri sebagai upaya mencapai tujuan asuhan keperawatan. Read more

» Filed Under Makalah Kesehatan | Leave a Comment

Sambutan Panitia hehe.

Posted on October 12, 2011

Alhamdulillah, puji tasyakur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan kepada kita berbagai kenikmatan yang tiada tara .

Sholawat dan salam semoga tercurah kepada Junjungan kita baginda Nabi Agung Muhammad, SAW.

Ditengah-tengah kesibukan (admin) dalam  menyusunan skripsi,  blog perkuliahan.com bisa hadir dan lahir dengan selamat  tanpa ada halangan suatu apa, (tanpa cesar tanpa operasi)

Besar harapan, semoga blog Perkuliahan.com bisa berkontribusi ilmiah, dan bermanfaat untuk semua.

 

Wonosobo, 12 Oktober 2011

» Filed Under Dapur Umum | 1 Comment

  • Sahabat UNSIQ

    unsiq wonosobo,kampus unsiq

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*