Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

makalah tentang Perpustakaan Sekolah

under arsip:  Perkulihan.com.

Judul Artikel /makalah :  makalah tentang Perpustakaan  Sekolah

Bidang  artikel /makalah  : makalah tentang pendidikan, makalah manajemen perpustakaan sekolah, makalah perpustakaan

…………………………………………………………………………..

makalah tentang Perpustakaan  Sekolah

1.   Pengertian Perpustakaan

Menurut bahasa, Perpustakaan berasal dari  kata pustaka yang artinya himpunan kitab-kitab.1 Ada beberapa ahli yang mengemukakan pengertaian  perpustakaan, menurut  Suatminah,  perpustakaan adalah : “Suatu unit kerja yang digunakan untuk menyimpan koleksi bahan pustaka yang dikelola dan diatur secara sistematika dengan cara tertentu untuk digunakan oleh pelakunya sebagai sumber informasi”2

Sedangkan menurut Mulyani Achmad bahwa “perpustakaan merupakan suatu unit kerja ataupun namanya  yang  menyimpan koleksi buku, majalah, naskah dan koleksi dengar pandang”3 

Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud  perpustakaan  adalah  pusat informsi yang berhubungan dengan segala  pendidikan baik yang bersifat intra kulikuler maupun kegiatan ekstra kulikuler.


Perpustakaan diatur secara sistematis maksudnya adalah buku yang berada  di perpustakaan tersebut  disusun suatu cara atau sistem tertentu untuk memudahkan para petugas dan pemakai perpustakaan, sehingga dapat menggunakan perpustakaan secara  teratur tertib dan tertata.

 

      2.  Macam-macam  Perpustakaan

                     Secara garis besar perpustakaan dapat digolongkan menjadi 5 macam, seperti yang dikatan Mulyani Achmad “Perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus, perpustakaan nasional”

a.       Perpustakaan umum untuk melayani semua lapisan masyarakat ,oleh sebab  itu  buku yang dikoleksi cukup beragam.

b.      Perpustakaan sekolah (School Library)

            Perpustakaan Sekolah diselenggarakan untuk  memberi pelayanan kepada siswa dan guru  dalam rangka melaksanakan program belajar mengajar disekolah yang diharapkan dapat menunjang  dalam  mencapai tujuan pendidikan, perpustakaan  yang baik  sesuai  dengan kebutuhan  kegiatan belajar mengajar, itu berarti koleksi buku-buku yang ada harus mendukung kurikulum sekolah, adapun pemakaiannya terbatas  yaitu terhadap siswa dan guru di sekolah tersebut.

                  Sesuai tingkatan pendidikan perpustakaan dapat dirinci  menjadi beberapa kelompok, antara lain :

1)            Perpustakaan sekolah dasar

2)            Perpustakaan Taman kanak-kank

3)            Perpustakaan SLTP

4)            Perpustakaan SLTA

c.       Perpustakaan perguruan tinggi  (Universal Library)

      Perpustakaan ini diselenggarakan untuk mendukung kepentingan universitas agar dapat menunjang tri darma perguruan tinggi. Pemakainya  tidak hanya terbatas mahasiswa dan dosen, tetapi juga para karyawan  dan para peneliti yang biasa di sebut civitas akademika.

 

d.   Perpustakaan Khusus

                  Perpustakaan ini diselenggarakan oleh suatu lembaga tertentu guna memberi pelayanan kepada staf/ karayawan  instansi/ lembaga yang bersangkutan, koleksi buku-bukunya terbatas hanya  yang berkaiatan  untuk mendukung kegiatan lembaga, misalnya; perpustakaan pertanian.

e.       Perpustakaan Nasional ( National Library )

                  Perpustakaan nasional yang diselenggarakan oleh suatu negara pada tingkat negara.4

3.   Kedudukan Perpustakaan Sekolah

         Perpustakaan sekolah merupakan sarana pendidikan untuk menunjang secara langsung  terhadap proses belajar mengajar di sekolah.  Menurut HM Daryanto dalam bukunya yang berjudul Administrasi pendidikan; menjelaskan bahwa prasarana berarti alat yang secara tidak langsung untuk mencapai tujuan, sedangkan sarana berarti alat yang secara langsung untuk mencapai tujuan, misalnya adalah  perpustakaan sekolah. 5

         Mengingat sarana menjadi alat yang langsung untuk mencapai tujuan maka diperlukan adanya peningkatan sarana  yang memadai, demikian pula dengan perpustakaan sekolah sebagai sarana pendidikan harus terus dipelihara dan ditingkatkan. Bila suatu lembaga pendidikan  mengalami kemajuan maka sudah tentu semua itu di tunjang oleh lingkupnya sarana sekolah itu. Tidak berlebihan jika di katakan  bahwa perpustakaan sekolah adalah jantungnya sekolahan, karena dari perpustakaan itulah ilmu pengetahuan  dapat   digali  dan dapat pula dikembangkan serta dilestarikan dari  generasi   kegenerasi.

4.   Fungsi Perpustakaan

         Pendidikan  sekarang ini berbeda  dengan pendidikan zaman dahulu, yaitu dari book oriented ke quol oriented, pendidikan zaman dahulu  siswa  di proyeksikan menguasai buku teks saja sehingga perpustakaan sekolah menjadi tidak penting, berbeda dengan kondisi pendidikan sekarang, siswa tidak hanya cukup  hanya  menerima apa-apa yang diberikan  oleh gurunya tapi siswa harus dibiasakan  memperkaya  pengetahunnya melalui membaca. Disini nampak jelas  betapa  pentingnya perpustakaan untuk kemajuan siswa.

         Teori pendidikan yang banyak dikembangkan sekarang ialah mengintregasikan sebanyak mungkin berbagai mata pelajaran, hal itu  banyak dilakukan penelitian korelasi antara berbagai bidang studi agar dalam proses belajar mengajar dapat saling menguatkan oleh karena itu, perpustakaan tidak cukup hanya menyediakan buku buku cerita  yang bersifat menghibur saja, tetapi juga dituntut untuk bisa mengasah otak, memperluas dan memperdalami  pengetahuan bagi para pembacanya terutama siswa.

         Dengan kata lain keberdaan perpustakaan sekolah  harus bisa membantu anak didik  atau siswa dalam aktivitas belajarnya, baik yang intrakulikuler maupun yang ekstrakulikuler,  jadi perpustakaan sekolah itu merupakan satu kesatuan yang terpadu (Integral)  dengan alat pendidikan yang lain.

         Sarana pendidikan  yang  berupa perpustakaan  sekolah  itu tidak hanya  diperlukan  oleh  siswanya  tetapi juga sangat diperlukan oleh  para  guru  dan para pendidik untuk mendapatkan referensi dan untuk lebih meningkatkan   kompetensi  akademisnya. Dengan  meningkatnya kualitas guru dari segi  pengetahuan akademisnya  maka akan dapat menunjang keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas mengajar sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat pula.

         Selanjutnya guna memperjelas fungsi perpustakaan sekolah ada baiknya penulis  kutipkan  dari buku yang diterbitkan oleh departemen pendidikan dan kebudayaan tentang perpustakaan sekolah perpustakaan pada tahun 1979, fungsi perpustakaan sekolah yaitu :

a)      Membantu para siswa  melaksanakan pendidikan  dan mencari keterangan  keterangan yang lebih luas dari pelajaran yang diterimanya didalam kelas.

b)      Dari sumber pengetahuan yang berbeda-beda, siswa dapat  memperoleh  berbagai informasi sehingga dapat mendorong  siswa untuk bisa bersikap kritis  terhadap suatu  permasalahan  terlebih lagi  bila seorang siswa rajin membaca  buku-buku perpustakaan sekolah, maka dia akan mendapatkan keterangan tentang masalah yang sama dari judul buku-buku dan pengarang  yang berbeda-beda.

c)      Perpustakaan dengan berbagai jenis buku bacaan yang tersedia, akan  memungkinkan sekali lagi bagi siswa untuk dapat mengembangkan  bakat dan minat yang dimilikinya.

d)      Perpustakaan sekolah  harus menyebar keseluruh  sekolah-sekolah  didesa maupun di kota dengan menyediakan buku-buku bacaan yang sesuai dengan kemampuan siswa  sehingga  dapat memupuk kebiasaan membaca bagi para pelajar.

e)      Perpustakaan sekolah yang dikelola, diatur dan dipinjamkan dengan baik akan dapat memberikan  pendidikan berdisiplin bagi para siswa, mereka meminjam buku harus dikembalikan pada waktunya, apabila siswa  meminjam buku perpustakaan, buku tersebut hilang, sebagai wujud  dari rasa  tanggung jawab, maka siswa harus dapat mengganti buku yang telah di hilangkan.6

Dari lima fungsi  perpustakaan  sekolah  tadi dapat penulis simpulkan  bahwa fungsi perpustakaan sekolah adalah untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan dari sekedar menerima bahan pelajaran yang diberikan  dari  kelas, perpustakaan  sekolah juga dapat  memupuk  kebiasaan membaca, mengembangkan bakat dan minat untuk meningkatkan daya kritik dan menanamkan rasa tanggung jawab.

5.   Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah

            Perpustakaan  sekolah mempunyai arti yang sangat penting bagi proses  belajar mengajar  di sekolah, antara lain :

1)      Perpustakaan sekolah akan memberi jawaban yang memuaskan bagi siswa.

2)      Perpustakaan merupakan sumber ide baru.

3)      Perpustakaan sekolah  merupakan pokok pandangan bagi pelajar dan pengajar  dalam mencari  dan mempelajari  pengetahuan umum, sehingga mempunyai  bayangan tentang kondisi dan situasi suatu daerah atau suatu  negara tertentu.

4)      Perpustakaan sekolah memberi kesempatan para siswa untuk mempelajari dan menggunakan perpustakaan dengan efektif dan efesien dan seterusnya dapat diterapkan pada kegiatan  belajar mengajar.

5)      Dengan koleksi  buku  yang beragam  dan promosi yang menarik  dapat menumbuhkan  minat dan baca bagi siswa.

6)      Perpustakaan dapat memperluas pembendaharaan bahasa.

7)      Mengarahkan siswa  untuk dapat belajar mandiri.

       6.  Sistem Pelayanan Perpustakaan Sekolah 

         Pelayanan perpustakaan merupakan tugas yang sangat peting  dalam ssetiap perpustakaan, palayanan perpustakaan menjadi tolak ukur keberhasilan pengelolaan perpustakaan, menurut Soemardji Perpustakaan ada dua macam pelayanan perpustakaan  yaitu : pelayanan sistem tertutup dan terbuka.

a)      Sistem tertutup yaitu menemukan buku dengan  menggunakan kartu katalog,  sedangkan pengambilan buku di lakukan oleh petugas.

b)      Sistem terbuka, dalam sistem ini pemakai bebas untuk  memilih buku yang dinginkan  sehingga menguntungkan bagi pemakai, namun disisi lain mempunyai  resiko yang sangat  besar  bagi perpustakaan itu sendiri karena akan banyak koleksi buku-buku yang hilang tanpa sepengetahuan perpustakaan tersebut 7

 


1Dody DA, 8000 Kata Populer, Aneka Ilmu Semarang, 1984, hlm. 138.

 

2Suatminah, Sirkulasi, IKIP Yogyakarta, 1980, hlm.16.

 

3Mulyani Achmad Nuryadi, Sejarah Perpustakaan dan Perkembangan di Indonesia, Andi Offsed, Yogyakarta, 1983, hlm. 16.

4Ibid, hlm. 8.

 

5HM. Daryanto, Adiministrasi pendidikan, PT. Rineka Cipta, Jakarta,1998, hlm. 51.

 

6Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Perpustakaan Sekolah, 1979, Semarang.

 

7Soemardji. P Pelayanan perpustakaan sekolah, Yayasan Kanisius,jogjakarta, 1982, hlm. 42.

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*