Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

makalah tentang arsitektur modern

 under arsip:  Perkulihan.com.

Judul Artikel /makalah :  makalah tentang arsitektur modern, makalah arsitek,

Bidang  artikel /makalah  : tugas kampus, tugas makalah

admin PART  ( authorithy Handi Condro KP, Fastikom UNSIQ)

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

masa  Kedatangan Arsitektur Modern

dalam makalah ini membahas tentang arsitektur modern,  Arsitektur moderen pertamkali muncul dan dikenal dibarat bersamaan dengan revolusi industri (1760-1870), selain berdampak terhadap perkembangan tehnologi juga berdampak pada perkembangan budaya dan sosial-politik.  Dalam penerapannya era perkembangan arsitektur ini disesuaikan dengan warna dan corek arsitektur yang sesuai dengan zaman tersebut.

Masa era arsitektur moderen juga bisa disebut masa peralihan, yaitu masa peralihan dari primitive, tradisional, neo klasik (abad ke-20) menuju masa corak design arsitektur yang lebih maju (abad ke-21). Masa peralihan ini pun nantinya akan terus belanjut dari satu era corak arsitektur yang satu ke masa arsitektur yang lainnya (yang lebih pas atau cocok dengan zamannya). Era arsitektur moderen ini ditandai dengan penyederhanaan ide-ide design dari ide-ide design yang berbentuk yang rumit dan bertele-tele.


Karena design ini lebih simple dan mencantumkan setruktur yang kokoh maka pada era perang dunia ke dua, ide design ini banyak sekali diminati dan menjadi trend sampai sekarang ini.

Arsitektur moderen lebih banyak berhubungan dengan (form follows function). Gerakan modern dalam arsitektur mencoba menjawab kekacauan mengenai peranan perencanan bangunan dengan adanya pengaruh revolusi industri (akibat kurangnya pengertian tentang bagaimana tersebut bekerja). Contohnya diJepang sejarah desain parametrik banyak dikembang, dalam pergerakan arsitektur yang dipelopori oleh Kenzo Tange.

  1. Dalam satu segi merupakan perkembangan dari zaman keiayan (heroic period) dari hasil akhir Le Corbusier.
  2. Dan dari segi lain; mirip dengan gerakan super sensualis (yang menggambarkan keabsolutan teknologi yang kontras dengan nilai tradisional)

Dimana aliran/Metabolisme Jepang ditempatkan pada tradisi ini, sebab Jepang banyak mengambil ide dan image, dan kemudian secara sistematis menyempurnakannya (sehingga pada umumnya hasilnya lebih baik dari sumber/asal dari ide tersebut).

Masa Jaya Arsitektur Moderen

Masa jaya ini terjadi pada kurun waktu tahun (1880 – 1890) seiring dengan dimulainya revolusi industry ke-dua, masa jaya ini ditandai dengan menggubah proses produksi yang tadinya dilakukan diindustri rumahan digantikan dengan pabrik-pabrik besar, sehinnga melibatakan mesin-mesin produksi secara besar-besaran guna mencapai hasil yang sesuai diinginkan dan mempersingkat proses penyelesaian pembanggunan.

Masa  ini juga mempengaruhi fungsi atau peran seorang Arsitek dalam keterlibatannya pada prosese pembangunan. Dimana fungsi Arsitek yang pertama adalah memeperhitungkan bangunan dari segi bentuk, fungsi, dan ruang. Dan peran yang ke-dua adalah sebagai pihak yang menghitunggkan bangunan dari segi struktur dan kontruksi.

 

Teori-teori Era Arsitektur Moderen

Teori-teori Arsitektur ini lebih tertuju menentang pada gagasan pemikiran teori Arsitektur Classik (Classicissm), diantaranya tokoh-tokoh penentangnya adalah Pugin, Moris dan masih banyak lagi. Sebaliknya Teori ini lebih menekan pada teori-teori yang berhubungan dengan fungsi banggunan (Fungsionalisme) dan kesederhanaan bentuk dan ruang suatu bangunan (Purisme).

Pertentangan-pertentangan tersebut dapat dibedakan seperti sebagi berikut :

NO Classicissm Modernism
1 Art Science
2 From Space
3 Craft Assembly
4 Manual Machinal

Category: Makalah Tekhnik

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*