Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

MAKALAH Pendidikan Kesehatan Masyarakat

 under arsip:  Perkulihan.com.

Judul postingan : MAKALAH Pendidikan Kesehatan Masyarakat

Bidang  postingan  : makalah KESEHATAN MASYARAKAT

……

setelah sebelumnya mempostting tentang makalah penangkal BAHAYA keilmuawan dalam islam akhirnya SEKARANG postingan sharee tentang makalah kesehatan masyarakat,

Makalah ini dibuat untuk melengkapi tugas kuliah penulis dan untuk menjelaskan kepada teman-teman sesama tenaga kesehatan bahwa pentingnya peranan kita dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup sehat yang tercipta dengan mengetahui dan meaplikasikan peranan hidup sehat dalam kesehatan masarakat.

 Peranan perawat gigi terhadap kesehatan masarakat

Perawat gigi merupakan profesi kesehatan yg melaksanakan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut secara professional. Perwat gigi melaksanakan peran dan fungsinya dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan hak dan wewenang yang dimilikinya.Suatu pekerjaan yg berifat professional memerlukan beberapa bidang ilmu yang secara sengaja harus dipelajari dan kemudian diaplikasikan bagikepentingan umum.pekerjaan professional sangat berbeda dengan pekerjaan yang lainnya karma pekerjaan yang profesionalharus memiliki kemampuan dan keahlian khusus.Oleh karena itu peran perawat gigi tidak hanya terfokus pada ilmunya sebagai seorang perawat gigi, tapi dia juga harus dia juga harus mengerti factor yang mempengaruhi tentang pertumbuhan gigi pada manusia, karena itulah seorang perawat gigi harus bias memberikan pengarahan pada masarakat memperhatikan permasalahan terhadap kesehatan masarakat.Dari uraian di atas telah dijelaskan bahwa peran serta tenaga seorang perawat kesehatan gigi dalam peningkatan pengetahuan terhadapilmu kesehatan masarakat ini sangatlah penting, karena sekelompok masarakat akan lebih sehat jika mereka mengetahui dan mengerti akan pentingnya ilmu kesehatan masarakat taersebut.Pada uraian berikutnya akan dijelaskan tentang upaya – upaya perawat gigi dalam pemberian pengetahuan tentang kesehatan masarakatkepada masarakat sekitarnyadan tugas-tugas penting dari tenaga keseatan ini untuk dapat mensosialisasikan kepada masarakat sekitarnya.

B.                 Pengertian kesehatan masarakat

Kesehatan masarakat adalah ilmu dan seni yang bertujuan untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan melalui usaha-usaha pengorganisasian masarakat.salah satunya pengorganisasian pelayanan-pelayanan medis dan perawatan untuk diagnosa dini dan pengobatan.Pengorganisasian dalamkesehatan masarakat amatlah penting terutama pada perawatan dan pengobatan. Pada umumnya masarakat kurang memperhatikan kesehatan mereka.mereka lebih cenderung memperhatikan kesehatan sewaktu mereka merasakan daya tahan tubuh mereka menurun.dan jika mereka belummerasakan daya tahan tubuh mereka tersebut menurun, mungkin bias kita katakan bahwa mereka tidak akan memperhatikan kesehatan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa betapa minimnya pengetahuan mereka akan pentingnya kesehatan itu.Dari kasus di atas, maka disini lah letak peranan penting seorang perawat yaitu seorang yang memberikan ilmunya terhadap masarakat tentang peranan penting dari penerapan ilmu kesehatan masarakat itu sendiri.diharapkan perawat yang berperan disini dapat memberikan pengetahuan atau olmunya terhadap masarakat sekitar dengan efektif dan efisien.sehingga masarakat tersebut dapat mengerti dan meng aplikasikan dalamkehidupan mereka sehari-hari.

 

 

C.                 Usaha dalam peningkatan pengetahuan tentang kesehatan masarakat

Kegiatan peningkatan pengetahuan tentang kesehatan masarakat merupakan kegiatan utama bagi seorang perawat. Perawat. Perawat dituntut untuk memberikan pengetahuan tentang kesehatan masarakat. Salah satunya adalah perawat gigi. Yang mana tugasnya adalah memberikan pengetahuan kepada masarakat tentang ilmu kesehatan masarakat terutama pada permasalahan kesehatan gigi. Salah satu bentukperan serta perawat gigi adalah dalam bentuk penyuluhan,seminar-seminar, konsultasi, dll. Dari kegiatan inilah seorang perawat dikatakan sukses dalam profesinya. yaitu sebagai tenaga kesehatan yang bergerak dibidang pencegahan / preventif.

Secara integrasi tugas perawat gigi adalah :
• Tugas medis teknis
• Tugas edukatif
• Tugas manajemen

Tetapi tugas yang sangat sesuai dengan perawat gigi dalam kesehatan masarakat adalah point no 2. yaitu :
Tugas edukatif, meliputi :
• Penyuluhan kesehatan gigi
• Pengarahan dan sebagai konsultan masalah kesehatan gigi.P

Pada tugas edukatif ini,salah satu bentuk kegiatannya adalah tindakan / kegiatan seorang perawat gigi terhadap kesehatan masarakat. Yaitu memberikan penyuluhan tentang kesehatan gigi, guna agar masarakat tahu akan pentingnya menjaga kesehatan gigi.

D.                Respon masarakat akan pengetahuan tentang kesehatan masarakat.

Setelah kegiatan edukatif itu dilakukan oleh perawat gigi, maka hasil akhirnya dapat diketahui melalui evaluasi. Perawat gigi dapat mengevaluasi masarakat dengan cara memberikan selembar kertas untuk mengomentari kegiatan yang telah dilakukan tentang pengetahuan akan kesehatan masarakat tersebut.Dari hasil kegiatan tersebut, perawat gigi dapat menyimpulkan respon dari masarakat tersebut akan kegiatan yang telah kita lakukan. Respon masarakat ini juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. yaitu :

• Pendidikan
• Ekonomi
• Lingkungan

1.            Faktor pendidikan.

Faktor pendidikan berpengaruh besar terhadap respon masarakat akan kegiatan kita tersebut. Karna ” Semakin tinggi tingkat pendidikan suatu kelompok masarakat maka akan semakin tinggi pula kesadaran akan kesehatan ” . Dan sebaliknya ” Semakin rendah tingkat pendidikan suatu kelompok masarakat maka akan semakin rendah pula kesadaran akan kesehatan ” .masarakat yang bependidikan lebih rendah cendrung tidak memikirkan jauh kedepan. Mereka hanya lebih mementingkan bagaimana cara menghadapi hari ini. Sebagian dari Mereka akan berkata :

” alah… Nan kasakik tu, ka sakik juo nyo…manga kadipikian bana…” .Dari pernyataan tersebut dapat kita lihat betapa besarnya pengaruh pendidikan terhadap respon masarakat akan ilmu kesehatan masarakat yang kita berikan.

2.            Faktor Ekonomi.

Faktor ekonomi ini juga berpengaruh besar terhadap respon masarakat akan kesehatan. Karna ” jika tingkat ekonomi suatu kelompok masarakat itu tinggi, maka akan tinggi pulalah perhatian masarakat tersebut terhadap kesehatan. Dan sebalikna,jika tingkat ekonomi suatu kelompok masarakat itu rendah, maka akan rendah pulalah perhatian masarakat itu terhadap kesehatan “.
Hal ini berpengaruh sekali terhadap respon masarakat. Mereka yang berekonmi rendah cendrung berpikir bahwa buat beli makan sehari-hari saja sudah susah apalagi beli vitamin-vitamin untuk daya tahan tubuh.

Dari contoh diatas ternyata faktor ekonomi juga berpengaruh.walaupun mereka menyetujui / memahami tujuan dari kegiatan edukatif yang kita lakukan tersebut,tapi faktor ekonomi mereka telah mengisaratkan dampak yang tidak kita harapkan.

3.            Faktor lingkungan

Pada faktor lingkungan ini, dampak masarakat akan kegiatan kita selaku perawat gigi juga besar. Karena lingkungan sangat berpengaruh kepada masarakat. Mereka yang tinggal dilingkungan yang tidak sehat, berkemungkinan besar akan mengabaikan tindakan edukatif kita tersebut. Karena bagi mereka ” buat apa kita terlalu menjaga kesehatan? Sementara lingkungao kita sangat tidak mendukung. Nanti kita juga akan terkontaminasi kembali “.Dari ketiga faktor tadi, telah dijelaskan bahwa masing-masing faktor memiliki pengaruh tersendiri terhadap masarakat. Kebanyakan dari masarakat-masarakat tersebut cenderung memiliki sifat pesimis yang tinggi. Sehingga mereka pasrah akan keadaan mereka. Disinilah peran utama seorang perawat selaku petugas kesehatan yang profesional untuk meyakinkan masarakat-masarakat tersebut demi tercapainya tujuan dari kegiatan-kegiatan edukatif tersebut.

 

 


BAB III
PENUTUP

A.                Kesimpulan

Perawat gigi merupakan tenaga kesehatan yang melakukan usaha-usaha yang ditujukan kepada masarakat. Salah satunya yaitu peningkatan akan pengetahuan ilmu kesehatan masarakat terhadap masarakat umum. Dan beberapa tugas perawat gigi secara integrasi, salah satunya adalah kegiatan edukatif yang meliputi penyuluhan-penyuluhan,seminar-seminar, dan sebagai konsultan dibidang kesehatan. Kemudian setelah perawat gigi tersebut melaksanakan kegiatan edukatif tersebut, perawat gigi dapat melihat / mengetahui tentang respon masarakat terhadap kegiatan edukatif itu dapat dilihat dari 3 faktor. Yaitu :

• Faktor pendidikan

• Faktor ekonomi

• Faktor lingkungan

 demikian makalah tentang kesehatan ini semoga bermanfaaat untuk semua under arsip:  Perkulihan.com.

MAKALAH Pendidikan Kesehatan Masyarakat

 makalah KESEHATAN MASYARAKAT,MAKALAH Kesehatan Masyarakat, pendidikan kesehatan masyarakat

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*