Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

Makalah Materi Pelajaran Fiqih

Under arsip: Perkuliahan.com.
next post : AD ART NU terbaru
data post: Perkuliahan.com. edition of : 204 / Apa pengertian dan definisi  fiqih,

Makalah Materi Pelajaran Fiqih

Pengertian Fiqih

Berikut merupakan beberapa makalah (cuplikan) mengenai pengertian dan definisi tentang pembelajaran fiqih, dalam keilmuan islma fiqih merupakan kajian keilmuan yang sangat populer, karen pembahasan mengenai fikih menjadi pembahasan syariat dan dasar pokok keagamaan. Sehingga pembelajaran fikih dalam khasanah keilmuan islam menjadi materi primer yang diajarkan kepada peserta didik.

Banyak kajian dan pembahasan tentang fikih yang telah terpublikasi di internet, namun dengan pembahasan yang panjang dan  perkuliahan.com kali ini ingin berbagi secara singkat tentang fiqih. Semoga Makalah Materi Pelajaran Fiqih

Yang sangat singkat ini bermanfaat.

Berikut definisi fiqih menurut para ahli:

 

Fiqih menurut bahasa bermakna : tahu dan paham,[1] sedangkan menurut istilah, banyak ahli fiqih (fuqoha’) mendefinisikan berbeda-beda tetapi mempuyai tujuan yang sama diantaranya :

Ulma’ Hanafi mendifinisikan fiqih adalah :

عِلْمٌ يُبَيِّنُ اْلحُقُوْقَ وَاْلوَاجِبَآتِ الَّتِي تَتَعَلَّقُ بِأَفْعَآلِ اْلمُكَلَّفِيْنَ

“Ilmu yang menerangkan segala hak dan kewajiban yang berhubungan amalan para mukalaf”.[2]

Sedangkan menurut pengikut Asy Syafi’i mengatakan bahwa fiqih     (ilmu fiqih) itu ialah :

العِلْمُ الَّذِي يُبَيِّنُ الأَحْكَامَ الشَّرْعِيَّةَ الَّتِي تَتَعَلَّقُ بِأَفْعَآلِ اْلمُكَلَّفِيْنَ اْلمُسْتَنْبِظَةِ مِنْ اَدِلَّتِهَآ التَّفْصِيْلِيَّةِ

“ilmu yang menerangkan segala hukum agama yang berhubungan dengan pekerjaan para mukallaf, yang dikeluarkan (diistimbatkan) dari  dalil-dalil yang jelas (tafshili)”.[3]

Sedangkan Jalalul Mahali mendifinisikan fiqih sebagai :

الأَحْكَامُ الشَّرْعِيَّةُ العَمَلِيَّةُ المُكْتَسِبَةُ مِنْ اَدِلَّتِهَآ التَفْصِيْلِيَّةِ

“ilmu yang menerangkan hukum-hukum syara’ yang berhubungan dengan amaliyah yang diusahakan memperolehnya dari dalil yang jelas (tafshili)”.

Sedangkan menurut Abdul Wahab Khallaf pengertian fiqih adalah : pengetahuan tentang hukum-hukum syariat Islam memngenahi perbuatan manusia, yang diambil dari dalil-dalilnya secara rinci.[4]

Jadi dapat disimpulkan dari difinisi-definisi di atas, fiqih adalah : ilmu yang menjelaskan tentang hukum syar’iyah yang berhubungan dengan segala tindakan manusia, baik berupa ucapan atau perbuatan, yang diambil dari nash-nash yang ada, atau dari mengistinbath dalil-dalil syariat Islam.

Tujuan Mempelajari Fiqih

Dari uraian tentang pengertian ilmu fiqih dapat dimengerti bahwa tujuan mempelajari ilmu fiqih antara lain :

tujuan mempelajari ilmu fiqih (yang didifinisikan menurut pengertian ahli usul) amat besar, diantaranya : mengetahui mana yang disuru mana yang dilarang, mana yang haram mana yang halal, mana yang sah mana yang batal, dan mana yang fasid.

Dengan ilmu fiqih, kita dapat mengetahui bagaimana kita menyelenggarakan nikah, talak, bagaimana memelihara jiwa, harta dan kehormatan, tegasnya menetahui hukum-hukum yang harus berlaku dalam masyarakat umum.

Untuk mengetahui sebagian besar dari ilmu (hukum-hukum furu’) yang dikehendaki oleh agama.[5]

Jelasnya, untuk mendapatkan jalan menuju keselamatan di dunia serta keselamatan di ahirat yang sesuai dengan sperti apa yang dikehendaki agama.

Untuk dapat menerapkan hukum-hukum syariat Islam terhadap perbuatan dan ucapan manusia. Jadi ilmu fiqih itu adalah rujukan    (tempat kembali) seorang hakim atau qodhi dalam keputusannya, rujukan seorang mufti dalam fatwanya dan rujukan seorang mukallaf untuk mengetahui hukum syariat dalam ucapan dan perbuatannya. Inilah ujuan yang dimaksudkan dari undang-undang itu tidak dimaksudkan kecuali untuk menerapkan materi hukum terhadap perbuatan dan ucapan manusia selain itu juga untuk membatasi setiap mukallaf terhadap hal-hal yang diwajibkan atau yang diharamkan baginya.[6]

Materi Fiqih

Materi yang dibahas dalam ilmu fiqih meliputi pembahasan yang mengenai hal-hal yang berkaitan dengan individu, masyarakat dan negara, yang meliputi bidang-bidang : ibadah, muamalat, kekeluargaan, kekayaan, warisan, kriminal, peradilan, acara, pembuktian, kenegaraan, dan hukum-hukum internasiaonal, seperti perang, damai dan sebagainya.

Dalam hal ini salah satu kitab fiqih yang dipelajari di Pondok Pesantren Sabilul Hadi dengan menggunakan metode sorogan adalah kitab Fath al-Qorieb al-Mujiib yang biasa disebut dengan kitab Takrib yang ditulis oleh Ahmad Ibn Husein al-Syuhairi biabi Suja’. Adapun materi-materi yang dibahas didalamnya adalah sebagai berikut:

كتاب احكام الطهارة

كتاب احكام الصلاة

كتاب احكام الزكاة

كتاب بيان احكام الصيام

كتاب احكام الفرائض والوصايا

كتاب احكام النكاح وما يتعلق

كتاب احكام الجنازة

كتاب احكام الحدود

كتاب احكام الجهاد

كتاب احكام الصيدوالذبائح والضحاياوالأظعمات

كتاب احكام السبق والرمى

كتاب احكام الايمان والنذر

كتاب احكام الاقضية والشهاداة

كتاب احكام العتق

Demikian kajian tentang materi fiqih yang sangat singkat dan padat, semoga bisa memberi pencerahan bagi yang awam tentang apa dan bagaimana fiqih itu.

 

[1] Muhammad Hasbi Ash Shidieqy, Penngantar Ilmu Fiqih, Pustaka Rizki Putra, Semarang, 1999, halaman 15.

[2] Muhammad Hasbi Ash Shidieqy, Pengantar Hukum Islam, Pustaka Rizki Putra, Semarang, 1997, halaman 12.

[3] Ibid., halaman 13.

[4] Prof. Dr. Abdul Wahab Khallaf, Kaidah-Kaidah Hukum Islam, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1996, halaman 2.

[5] Muhamad Hasbi Ash Shiddieqy, Op.Cit., halaman 26

[6] Prof. Dr. Abdul Wahhab Khallaf, Op. Cit., halaman 7

 

Under arsip: Perkuliahan.com.
next post : AD ART NU terbaru
data post: Perkuliahan.com. edition of : 204 / Apa pengertian dan definisi  fiqih,

Category: Makalah Islami

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*