Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

Makalah Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca

Makalah Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca

under arsip:  Perkulihan.com.

Judul postingan : Makalah Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca

Bidang  postingan  :Makalah Bahasa Indonesia

Makalah Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca

Dunia kita adalah dunia yang memiliki informasi paling baik yang kita kenal. Anda dapat mengendalikan apa yang anda baca: menyingkirkan apa yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau keinginan anda untuk mengetahui; tidak membaca apa saja yang tidak bernilai bagi anda-enyah nilai yang diarahkan oleh tujuan atau nilai hiburan. Dan, anda dapat mengendalikan sejauh mana anda menyerap informasi yang menyerbu diri anda. Baca untuk pengenalan, baca sekilas. Tinjau ,dan saring. Pisahkan semua bahan dan temukan apa yang perlu anda baca untuk pengetahuan. Kemudian seranglah secara tuntas.

 

Menjauh dengan mengetahui dan mengerti apa yang anda baca dengan menghentikan arus bacaan anda guna membuat catatan untuk pengembangan kosakata atau untuk peninjauan dan pengertian. Membaca untuk pengenalan dan membaca secara mendalam tidak bertentangan satu sama lain. Yang satu mengurangi kukusutan dan membantu anda berfokus pada hal-hal yang paling bermakna untuk orang lain. Gunakan keduanya untuk meningkatkan kemampuan anda dalam membaca

 

Kita sering mengalami hal ini: ada terlalu banyak yang harus dibaca dan terlalu sedikit waktu untuk membacanya. Oleh karena itu kita perlu memilah apa yang kita baca, kapan, dan dimana. Sebagian besar dari yang kita baca kita sebenarnya tidak perlu di baca. Anda tidak perlu membaca apapun jika anda tidak mempunyai kebutuhan atau keinginan untuk mengetahuinya. Bacalah segera sesuatu yang perlu anda ketahui. Tunda hingga waktu yang sudah di jadwalkan untuk sesuatu yang anda ingin ketahui. Kita bisa memisahkan kebutuhan anda untuk mengetahui dengan keinginan anda untuk mengetahui informasi.

Menyeleksi dan Memilih

Kebanyakan orang dewasa menderita penyakit yang sama. Banyak orang lulus dari sekolah lanjutan dengan merasa bahwa mereka telah lulus dari belajar ke dunia kerja. Upacara tamat sekolah menjadi ritus perjalanan dimana mereka meninggalkan hal-hal masa kanak-kanak di belakang mereka. Mendadak, setelah upacara tamat sekolah, informasi yang mereka perlukan beralih dari “teoretis” menjadi “praktis”. Buku teks pun dapat memberi anda informasi anda yang langsung berguna, sebagaimana berbeda dengan “teoretis” bila anda mengecek kecenderungan anda sendiri untuk membaca buku dan majalah satu demi satu. Itulah satu alasan mengapa penerbit membuka produk mereka denagn daftar isi. Mereka meminta anda untuk memilih apa yang anda rasa harus anda baca. Suatu bentuk pembacaan sekilas (scanning) akan membantu anda.

  1. Dimana dan Kapan

Dimana dan kapan membaca hampir sama pentingnya dengan mengapa dan apa.Tempat dan waktu bergantung kepada seberapa besar anda perlu atau ingin mengingat apa yang anda baca. Bagaimana menghafal informasi yang anda perlu hafal untuk pidato? Tempat yang tenang dan pribadi tanpa interupsi, tetapi hindari tempat yang sangat hening. Sedikit kebisingan yang melatarbelakangi dapat membantu anda siaga, khususnya pada akhir hari yang panjang dan sibuk. Musik yang keras menganggu anda jika tidak biasa akan menganggu konsentrasi anda, kecilkan volume dan jangan berkonsentrasi padanya.

Membaca versus Kemampuan Membaca

 

  1. Membaca vs Mendengar

Kebanyakan orang menyimpan sekitar setengah dari apa yang mereka dengar di bandingkan dengan apa yang mereka baca. Mereka akan mengingat 25% lebih banyak bila mereka membaca dan mendengar kata-katanya secara bersamaan atau bila mereka dapat memanipulasi atau mengalami pokok persoalan dengan semacam cara. Oleh karena itu baca apa yang di katakan seseorang, dan cetakan tersebut melengkapi anda dengan ingatan yang tidak mungkin salah. Anda dapat selalu melihat apa yang tidak anda lihat. Namun lebih penting, apa yang tidak anda mengerti pada mulany, anda dapat belajar lebih cermat dengan kecepatan anda sendiri dan dengan cara anda sendiri.

  1. Kosakata

Kebanyakan orang membaca dengan dangkal, menyaring kata-kata yang tidak mereka mengerti dan membiarkan konteks membawakan makna kata-kata yang baru. Kosakat tertulis biasaya lebih banyak daripada kosakata lisan, dan para penulis kerap memamerkan kosakata mereka. Pembaca yang biasa-biasa saja biasanya bukan tandingan untuk ahli kata-kata yang kerap berpendidikan lebih baik, dan mereka tidak selalu mengerti apa yang mereka baca.

Bila  ada sesuatu yang cukup penting untuk dibaca, maka sesuatu itu cukup penting untuk dimengerti. Selain itu, membaca kamus dan thesaurus adalah salah satu cara yang digunakan oleh para penulis untuk mengembangkan kosa-kata yang lebih baik dibandingkan kebanyakan orang. Ini pun merupakan cara yang baik bagi anda untuk melakukan hal yang sama.

Anda tidak perlu membelli salah satu buku untuk mengembangkan kosakata dalam tiga puluh hari. Anda hanya perlu membaca secara serius untuk meningkatkan kemampuan anda dalam membaca atau mengatasi kebiasaan membaca yang keliru: kedangkalan, kelambatan, dan terlalu banyak pembacaan ulang yang tidak perlu.

  1. Kedangkalan

Ketika orang menyaring kata-kata yang mereka tidak ketahui, mereka kehilangan kedalaman yang mungkin mereka perlukan untuk pengertian yang lengkap atas apa  yang sudah mereka baca. Membaca sesuatu yang penting secara dangkal dapat menimbulkan konsekuensi yang serius, khususnya dalam bidang bisnis.

Kurangnya kosakata bukanlah satu-satunya sebab kedangkalan. Pengalihan perhatian juga mengganggu pemahaman dan menyebabkan kurangnya kedalaman. Membaca didepan TV atau sambil mendengarkan Selekta Pop membagi perhatian anda.

  1. Kelambatan

Membaca dengan cermat tidak harus berarti membaca dengan lambat. Sebenarnya, banyak orang membaca terlalu cepat sehingga kehilangan rangkaian gagasan, melupakan apa yang mereka baca sementara mereka membacanya.

Pembacaan lambat biasanya menyuarakan apa yang mereka baca, entah dalam hati atau dengan suara keras. Biasanya, mereka menyuarakan dalam hati. Mendengar kata-kata tersebut dalam benak mereka sementara mereka membaca. Berbicara dalam hati atau dengan suara keras melibatkan gerakan lidah dan mulut yang melambatkan pembaca lebih jauh lagi. Satu lagi yang menyebabkan membaca lambat adalah gerakan mata yang berlebihan.

  1. Pembacaan Ulang

Kebanyakan orang memperlambat diri mereka sendiri dengan pembacaan ulang yang tidak perlu. Mereka membaca kata, kalimat, atau paragraf yang sama beberapa kali sebelum melanjutkan. Alih-alih menunggu untuk meninjau kembali belakangan, mereka membaca secara regresif.

Regresi mengakibatkan kelambatan dan mengganggu pemahaman. Regresi mengalihkan anda dari konteks kata-kata, yang sebenarnya menanamkan kata-kata tersebut dengan beberapa makna mereka. Regresi juga memisahkan kata dri hubungannya dengan kata lain di dalam konteks. Hubungan itu terlalu penting untuk dipisahkan.

under arsip:  Perkulihan.com.

Makalah Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*