Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

makalah arsitektur : Ciri dan Bentuk Bangunan Modern

 under arsip:  Perkulihan.com.

Judul Artikel /makalah :  makalah arsitektur : Ciri dan Bentuk Bangunan Modern

Bidang  artikel /makalah  : tugas kampus, tugas makalah arsitektur

admin PART  ( authorithy Handi Condro KP, Fastikom UNSIQ)

……………………………………………………………………………………………………………..

Ciri dan Bentuk Bangunan Moderen Secara Umum

Banguna moderen secara umumnya berbentuk tak beraturan (Asimetris), kotak, atau depan dan belakang,ssamping kanan, kiri sama, sehingga pintu, jendela, atap dan lain-lainnya menyatua dalam komposisi banggunan.

Bahan yang dipergunakan diambil dari bahan-bahan pabrikan yang kesemuanya sudah dibuat sesuai ukuran sehingga mempermudahkan pengguna dan mempercepat proses pembanggunan. Disisi lain ciri bangunan era moderen bentuk-bentuknya banyak bertentangan dengan bangunan Classik. Tren gaya Arsitektur ini melanda dunia kira-kira pada kurun waktu abad XIX hingga abad XX. Karena pengaruhnya pada masa itu timbulah beberapa aliran seni Arsitektur moderen diantaranya :

No Aliran seni
1 Art and Craft
2 Art Nouveau
3 Ekspresionisme
4 Bauhaus
5 Amsterdam School
6 Rotterdam School

Ciri dan Bentuk Bangunan Awal Modern

       Bangunan awal moderen ditandai dengan beberapa penemuan atau inovasi-inovasi yang jika diliahat lebih banyak ke pada setruktur-setruktur penyusun bangunan. Diantaranya :

  1. bagian-bagian seperti pada jendela, pintu sudah menyatu dengan dinding.
  2. sudah mengenal bahan kaca sebagai setruktur pengganti penutup  atap.
  3. mengenal setruktur kolom beton bertulang, yang mengakibatkan ditemukannya cara perhitungan setruktur kerangka penyusun bangunan secara sisitematis.
  4. mengenal keramik sebagia bahan pelapis dinding ataupun sebagai lantai.
  5. sudah mengenal beton pracetak dan setruktur baja rangka atap.
  6. bisanya setruktur penyusun dinding terbuata dari bahan batu bata.
  7. dibandingakan dengan abangunan sebelum-sebelumnya atau bangunan sebelu moderen, bangunan moderen bentuknya lebih terkesan sederhan. Ini dapat dilihat dari jarangnya hiasan pada ujung maupun sudut-sudut dindingnya.

Contoh-contoh bangunan awal moderen antara lain :

  1. Cassa Batillo (1904-1906) oleh  Antonio Gaudi

Casa Ballto merupakan bangunan hasil modernisasi dari aliran seni Gothik terlihat dari sisi menara-menaranya yang jika dilihat berbentuk runcing. Pada balkonnya berbentuk lengkunagan-lengkuangan seperti pada batu karang. Kemudian pada kolomnya berbenruk silindris seperti batang pohon-pohon seakan-akan menggambarkan hutan oleh karena itu terkesan agak Metaphoric.

Cassa Milla (1906-1910), Barcelona, Antonio Gaudi
Bangunan yang berdiri dikota Barcelona ini adalah beberapa dari salah satu karya Gaudi setelah Casa Ballto dan Sangrada Familia yang cukup dikenal masyarakat. Bentuknya yang artistik memberikan kesan seakan-akan seperti gugusan tebing batu yang diterpa angin kencang. Ilustrasi tersebut banyak diterapkan pada teralis, pintu dan pada bangian-bagian bangunan ini yang lainnya. Bangunan ini juga menerapkan besi cetak sebagai teralis.

                         Aditorium Building (1887-1890), Chicago, Louis Henry Sullivan
Bangunan yang dianggap sebagai Landmark kota Chicago ini, sebagia sarana menyatuaka kegiatan social dan kesenian dalam satu atap. Bentuk bangunannya lebih berarah pada persegi empat yang sedang ngetren dimasa itu.

                        Hotel Tassel (1892-1893), Brussel, Victor Horta

Bangunan rumah tinggal sedikit menyatukan elemen kontruksi dan sisi dekoratif terliahat dari corak tiangnya yang berbau balustrade ( terbuat dari tembaga. Pada balok dan kusennya bergaya Art Nouveau yang sarat menyatu dengan element-element kontruksi yang ada.

  under arsip:  Perkulihan.com. 

sub topik : MAKALAH TEKHNIK

Category: Makalah Tekhnik
  • aza says:

    bagus sekali situs webnya. pengunjungnya banyak sekali

    February 9, 2012 at 19:59

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*