Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

Logo Unsiq

Klik download Logo Unsiq

Logo Unsiq

Logo UNSIQ yang beredar di Internet ternyata berbeda-beda, ada yang menggunakan tulisan ” UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN ” melingkar dengan warna hitam, itu yang dari website resmi. tapi logo  di website resminya tulisanya tidak rapi dan terkesan kaku.

Sedang logo yang satunya lumayan luwes, namun kalau ditelaah sesuai dengan penjelasan makna logo ada pada makna logo justru tidak pas, yaitu background tengah seharusnya warna biru, namun malah warna putih. Lho yang benar yang mana?

Masalah logo kelihatan masalah yang sepele, namun yang sederhana kalau tidak diopeni dengan maksimal justru membuat kebingungan dan terkesan Unsiq tidak perhatian, hal kecil aja tak diperhatikan takutnya mrembet-mrembet, nanti jadi gampang menyepelekan.. hehe 

Contohnya lagi website UNSIQ yang tidak dikelola profesional, padahal masukan dan kritik terkait website yang tak pernah update apalagi modifikasi, menunjukan perhatian yang asal-asalan. padahal website menjadi gerbang/pintu perkenalan di dunia maya. kesan pertama aja sudah tak menarik takutnya jadi gimana-gimana…

Sehingga jelek-jelek begini  sebagai alumni merasa terpanggil buat komentar, daripada nggrundel bikin struk.( haha..guyon ) Ingin memberikan yang paling terbisa , yaitu menyajikan gambar logo yang setidaknya mewakili keduanya,  antara logo unsiq yang tulisan melingkarnya tetap konsisten warna biru dan logo yang dalamnya juga menggunakan warna biru.

Kalau mungkin ada yang kurang sesuai dengan filosofi Logo UNSIQ maka boleh kita koreksi bersama, berikut filosofi makna dari logo unsiq yang dipublikasikan dari website resminya:

Berikut penjelasan logo unsiq yang saya comot dari sumbernya (website). mungkin  bagi mahasiswa atau alumni UNSIQ yang sama sekali belum tahu atau lupa  makna dari lambang unsiq, penjelasan logo ini bisa jadi cemilan pengetahuan. biar sobat-sobat bisa menjiwai karakter sebagai mahasiswa dan alumni, sebagaimana harapan dari para pendiri (terlambang dari makna logo)

Lambang UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo

Logo ini didesain sebagai suatu identitas, citra dan spirit bagi segenap sivitas akademika  dalam menjalani kehidupan serta  menghadapi tantangan dan perubahan zaman.

Sifat terbuka dalam menerima dan menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi diwujudkan dalam bentuk lambang tulisan bulat “Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah Wonosobo” tanpa dibatasi dengan garis yang melingkar di luar tulisan tersebut. Keterbukaan tersebut didasarkan pada selempang merah putih yang melambangkan kebangsaan, dan di tengah-tengah selempang terdapat bintang yang bersinar.

Gambar bintang bersinar berwarna kuning keemasan melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa, sebagaimana tercermin dalam QS. Al-Ikhlas. Kitab Suci yang terbuka melambangkan keterbukaan dalam menimba ilmu pengetahuan sebagai fokus keilmuan. Keris putih tegak lurus melambangkan kejuangan dan kesucian dalam meraih ilmu pengetahuan. Di atas Kitab Suci terbuka ada dua bulu di samping kanan dan kiri dengan di tengahnya terdapat keris putih yang berdiri tegak dengan dilatarbelakangi gambar masjid dan pohon beringin melambangkan suasana diniyah, ukhuwah, dan ilmiah dalam menciptakan karya-karya ilmu pengetahuan yang memadukan pendidikan modern dan mutiara pesantren.

Tulisan Arab “al-jami’ah li ’ulumil-qur’an” merupakan ciri khusus dan ruh dalam perjuangan dalam mencari ilmu-ilmu Al-Qur’an dalam lembaga pendidikan tinggi berbasis Al-Qur’an. Hal ini juga selaras dengan background warna dasar biru yang melambangkan dinamika perjuangan bagi seluruh sivitas akademika UNSIQ sebagaimana tulisan “UNSIQ” di bawah Kitab Suci. Di bawahnya terdapat pita merah dengan tulisan “JawaTengah” merupakan perguruan tinggi yang memiliki ciri keal-qur’anan yang dimiliki Propinsi Jawa Tengah yang secara geografis memiliki posisi strategis di Pulau Jawa.

Bentuk lambang  dengan  segi lima memiliki  dua fungsi dalam arti lambang kenegaraan, yaitu Pancasila dan Rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam sebagai bentuk ketundukan dan keikhlasan dalam melaksanakan Syari’at Allah sebagaimana ketentuan dalam Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw. Dasar lambang yang ber-warna biru memberikan inspirasi terhadap dinamika, perkembangan, dan kualitas keilmuan yang didasarkan pada nilai-nilai Al-Qur’an.

Semua perlambangan dan karakteristik tersebut diharapkan menjadi landasan, spirit, dan moral bagi sivitas akademika UNSIQ untuk mencapai rahmatan lil ‘alamin dan meraihmardhotillah.

semoga ulasan sederhana dan editan logo unsiq ini bermanfaat. biar yang pada download logo tidak salah ambil.

(Alumni FITK 2011)

Category: Pusat Informasi

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*