Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

Kenapa Doa Tidak dikabulkan

Kenapa Doa Tidak dikabulkan / Doa yang tak di kabulkan
Under arsip:  Perkuliahan.com.  
Post title : Kenapa Doa Tidak dikabulkan
Post  Category   : Kenapa Doa Tidak dikabulkan, alasan doa tak terkabulkan, kenapa doa belum terkabul. data post: perkuliahan.com edition of : 115
 

Perkuliahan.com, dalam kuliah di forum kuliah bebas ini kita akan membahas materi agama islam tentang ” Kenapa doa tidak dikabulkan”  dalam tulisan singkat ini kita hanya kan menyimak satu riwayat dari Sayyidina Ali KW. orang sering mengatakan dan merasa bahwa doanya tak terkabul atau tak di ijabahi, sehingga kebanyakan dari par pendoa mereka kurang yakin dan bahkan berhenti untuk selalu berdoa dan memohon atas apa yang di inginkanya. baiklah Dalam hal ini ada perdebatan yang cukup kental tentang pandangan yang bertentangan tentang doa yang tak terkabul. namun pada kesempatan kuliah bebas  ini tidak sedang membahas tentang perbedaan itu, insyaAllah akan dibahas dalam kesempatan lain, dalam materi islam selanjutnya. yang akan kita pelajari kali ini tentang ” doa yang terkabulkan” dari i’tibar  Sayidina Ali Karamallaahu Wajhah”

Pada suatu hari Sayidina Ali Karamallaahu Wajhah, berkhutbah di hadapan kaum Muslimin. Ketika beliau hendak mengakhiri khutbahnya, tiba-tiba berdirilah seseorang ditengah-tengah jamaah sambil berkata, “Ya Amirul Mu’minin, mengapa do’a kami tidak diijabah? Padahal Allah berfirman dalam Al Qur’an, “Ud’uuni astajiblakum” (berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu).

Sayidina Ali menjawab, “Sesungguhnya hatimu telah berkhianat kepada Allah dengan delapan hal, yaitu :

  1. Engkau beriman kepada Allah, mengetahui Allah, tetapi tidak melaksanakan kewajibanmu kepada-Nya. Maka, tidak ada mamfaatnya keimananmu itu.
  2. Engkau mengatakan beriman kepada Rasul-Nya, tetapi engkau menentang sunnahnya dan mematikan syari’atnya. Maka, apalagi buah dari keimananmu itu?
  3. Engkau membaca Al Qur’an yang diturunkan melalui Rasul-Nya, tetapi tidak kau amalkan. 
  4. Engkau berkata, “Sami’na wa aththa’na (Kami mendengar dan kami patuh), tetapi kau tentang ayat-ayatnya. 
  5. Engkau menginginkan syurga, tetapi setiap waktu melakukan hal-hal yang dapat menjauhkanmu dari syurga. Maka, mana bukti keinginanmu itu? 
  6. Setiap saat sengkau merasakan kenikmatan yang diberikan oleh Allah, tetapi tetap engkau tidak bersyukur kepada-Nya.
  7. Allah memerintahkanmu agar memusuhi syetan seraya berkata, “Sesungguhnya syetan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh bagi(mu) karena sesungguhnya syetan-syetan itu hanya mengajak golongan supaya mereka menjadi penghuni neraka yang nyala-nyala” (QS. Al Faathir [35] : 6). Tetapi kau musuhi syetan dan bersahabat dengannya.
  8. Engkau jadikan cacat atau kejelekkan orang lain di depan mata, tetapi kau sendiri orang yang sebenarnya lebih berhak dicela daripada dia. 
Dari MATERI kuliah ini setidaknya bisa kita pahami bahwa bagaimana mungkin do’amu diterima, padahal engkau telah menutup seluruh pintu dan jalan do’a tersebut. Bertaqwalah kepada Allah, shalihkan amalmu, bersihkan batinmu, dan lakukan amar ma’ruf nahi munkar. Nanti Allah akan mengijabah do’amu itu.* ref from akhiil kabir
Under arsip:  Perkuliahan.com.  
Post title : Kenapa Doa Tidak dikabulkan

Category: Artikel Islam

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*