Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

KARYA TULIS HASIL STUDY TOUR KE BALI

 under arsip:  Perkulihan.com.

Judul postingan : karya ilmiah : KARYA TULIS HASIL STUDI TOUR KE BALI

Bidang  postingan  :  Karya Ilmiah SMA

……

KARYA TULIS HASIL STUDY TOUR BALI

 

BAB I

PENDAHULUAN

1. Dasar Kegiatan

1. Rencana kerja OSIS periode 2007 / 2008.

2. Rapat OSIS & MPK.

 

2. Tujuan Kegiatan

1. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang kebudayaan dan adat istiadat di Indonesia khususnya di Pulau Bali.

2. Untuk menghilangkan kejenuhan setelah melaksanakan ujian semester pertama.

3. Untuk mengisi liburan pada semester pertama.

4. Mengenal dan mengetahui lebih dekat tentang objek pembelajaran yang berada di luar sekolah.

5. Melaksanakan pembelajaran di luar sekolah dengan media yang ada di lingkungan sekolah.

6. Memberikan motivasi dan semangat bagi siswa untuk lebih giat belajar terutama di bidang sains setelah melihat langsung di lapangan

 

3. VVaktu Kegiatan

Hari / Tanggal : Senin s/d Kamis 22 s/d 25

Tempat Kunjungan :

 Tanah Lot

 Ulu Watu

 Joger

 Pantai Kute

 GWK ( Garuda Wisnu Kencana )

 Tanjung Benoa

 Galih ( Pasar Seni )

 Mama Dewi

 Soekowati

 Tari Kecak

 Danau Bedugu

BAB II

HASIL PENGAMATAN

 

” TANAH LOT ”

 

” TANAH LOT ” adalah sebuah objek wisata di Bali. Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan, yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi pulau Bali. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

 

 Legenda

Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Beliau menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Beliau juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben akhirnya menjadi pengikut Danghyang Nirartha..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Pura Tanah Lot

Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di di atas bam besar. Satu terletak di atas Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

 

 

 

 

 

 Lokasi

Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam ( sunset). Turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset disini.

 Fasilitas

Dari tempat parker menuju ke area pura banyak dijumpai art shop dan warung makan atau sekedar kedai minuman.

 Hari Raya

Odalan atau hari raya di Pura diperingati setiap 210 hari sekali, sama seperti pura-pura yang lain. Jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan yaitu tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Saat itu, orang yang sembahyang akan ramai bersembahyang di Pura ini.

 

 

” ULU WATU ”

 

Objek wisata Ulu Watu terletak di ujung Selatan Pulau Bali. Pura berdiri kokoh di atas Samudra Hindia yang menawarkan keindahan luar biasa bagi para pengunjung. Pura ini sangat erat hubungannya dengan perjalannya sejarah bangsa Indonesia yang diyakinkan sebagai tempat Moksa (bersatu dengan tuhan) Dang Hyang Niratha.

Ulu Watu adalah tempat dimana para umat Hindu untuk beribadah. Dan bagi kaum wanita yang sedang datang bulan di larang untuk memasuki daerah tersebut, karena Ulu Watu adalah tempat Suci atau untuk mensucikan diri dan mendekatkan diri kepada para Dewa. Umat Hindu beribadah 3 x sehari yaitu, pada pagi hari pukul 06.00, pada siang hari pukul 12.00, dan yang terakhir pukul 06.00 pada sore hari. Mengapa setiap umat Hindu memiliki Pure di depan ramahnya dan selalu di beri sesajen ? Hal itu karena, tempat ibadah Umat Hindu adalah Pure, yang dimana setiap pure di beri sesajen dan setiap kali akan melakukan ibadah sesajen tersebut harus di ganti karena sudah menjadi tradisi umat Hindhu..

Dan isi sesajen tersebut dapat berapa bunga-bunga, roti, ataupun segelas kopi yang ditempatkan pada sebuah janur (daun kelapa muda) di pura.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sepanjang perjalanan ke Ulu Watu banyak kita jumpai saudara-;audara kita (MONYET), bagi pengunjung dilarang menggunakan perhiasan atau pernak-pernik yang mencolok karena monyet-monyet tersebut akan mengambilnya, dan jika monyet tersebut telah liwajibkan menggunakan selendang berwarna kuning untuk para pengunjung yang memakai celana dibawah lutut. Sedangkan pengunjung yang memakai celana diatas lutut harus menggunakan selendang berwarna kuning dan sarung berwarna ungu.

Dari atas tebing Ulu Watu kita dapat melihat hamparan air laut berwarna biru yang sangat indah dan menakjubkan. Kita tidak boleh melihatnya terlalu lama karena dikhawatirkan kita bisa terbuai oleh keindahanya.

 

” JOGER ”

 

Joger adalah salah satu jenis produk kaos yang lumayan terkenal dan sempat menjadi Trendnya anak muda. Joger ini asli buatan Bali dan Dewata (Bali), karena mempunyai ciri khas tersendiri dengan desain kata- pencinta produk dan Merk ini membuat Joger sangat dikenal dan diminati oleh masyarakat baik muda atau tua, cantik, jelek, kaya, miskin, dan tidak memandang perbedaan siapapun dapat menggunakan kaos ini. Karena disana tersedia berbagai macam ukuran, warna, bentuk yang beraneka ragam dan mempunyai hak paten yang tidak dapat ditiru ditempat lain.

Selain terbuat dari bahan yang cukup aman dan nyaman, dalam hal ini lebih enak dipakai juga memberikan keunikan tersendiri. Walaupun saya bukan penggemar fanatik produk Joger akan tetapi saya senang menggunakannya.

Sayangnya produk ini tidak dapat didapatkan dengan mudah dilain tempat Pulau Dewata (Bali), juga saat ini harganya memang mahal sebelum kita masuk, kita diberi stiker yang dipasang di dada yang bertuliskan VIP( Very iseng person) dan merupakan tanda agar kita dapat masuk ke lokasi Joger tersebut. Di lokasi Joger kita harus berhati-hati,barang-barang di sana sangat mahal tapi khualitasnya pun sangat bagus.

Jogja boleh bangga dengan Dagadu, tapi Bali punya Joger, pabrik kata-kata garing yang berbonus kaos, mug, stiker, atau merchandise lain. Dalam menyusun kata-kata yang membuat kita tersenyum simpul, Joger memang jagonya. Walau terkadang terkesan garing.

Sebelum masuk pintu, kita akan disambut tulisan-tulisan garing seperti “Ini tembok Joger, bukan tembok Berlin”. Ketika masuk, makin banyak kata-kata garing yang anda temui. Lihat saja di beberapa merchandise kecil, Joger menulis “Milik pabrik kata-kata Joger, Kuta, Balinesia yang tak terpisahkan dari Indonesia. Okay?”. Mungkin seperti Jumat Kumat di ID-Gmail yang punya tagline, GARING adalah FEATURE

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mr. Joger (yang punya) memang kreatif. Sangat kreatif. la menerapkan marketing terbalik. Maksudnya, ketika banyak produsen media cetak atau elektronik, maka Joger berbeda. Dengan jelas, Joger menulis “Joger jelek, Bali bagus, Joger jelek, Bali cantik”. Satu hal lagi,banyak yang dimaksud Joger di kertas-kertas yang menghiasi ruangan.

Yang jelas, wisatawan lok ini yang berkunjung ke Bah rasanya tidak hanya buka sampai jam 6 sore WIT. Mungkin tidak menjadi masalah berarti unik para wisatawan domestik. Mereka berlibur di Bali, tidak seperti aku, bekerja! Hehehe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk teraneh di Joger, adalah Jam mundur. Katanya, dibuat khusus untuk orang-orang yang berpikiran maju. Harganya tidak terlalu mahal, dengan 65 ribu rupiah, anda mendapatkan satu jam dinding yang aneh berjalan mundur. Sungguh sebuah trobosan yang gila dan nyleneh !.

 

Untuk menangkal serangan maling, Joger juga punya kata-kata seperti “Dilarang Maling “karena TUHAN, ka nada dimana-mana!” yang disertakan dalam tiap produk. Entah, kata-kata itu berkhasiat apa tidak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Joger jika pergi ke Bali. Karena belanja tidak belanja, tetap thank yaou. Begitu tagline yang diusung jogger. Jika tidak punya cukup uang untuk berbelanja, berburu stiker saja sudah cukup murah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“ PANTAI KUTA”

 

 

Kuta Bali, yang dulunya dikenal sebagai perkampungan nelayan, kini telah berubah menjadi sebuah tempat tujuan wisata ternama diPantai yang membentang lebih dari 2 km ini menawarkan pasir putihnya yang indah dan pesona sunset (matahari tenggelam).

Pantai Kuta juga dikenal sebagai tempat olahraga surfing alias selancar. Event-event surfing nasional dan internasional juga sering digelar di sini. Dan event akbar tahunan Kuta Karnival pun digelar di sini dengan berbagai kegiatan olahraga dan hiburan yang cukup menyedot animo pengunjung pantai Kuta.

Kawasan wisata Kuta juga dikenal sebagai pusat perkembangan pariwisata Bali. Fasilitas seperti restoran, spa, hiburan dan tempat penginapan dengan berbagai harga sangat banyak jumlahnya. Untuk menikmati keindahan dan suasana Kuta dapat ditempuh dengan jalan kaki, dengan mobil ataupun alat transportasi traditional, delman.

Sebutan sebagai international city atau Kota internasional pun disematkan untuk tempat wisata ini. Bagaimana tidak, Kuta merupakan tempat bertemunya turis dari berbagai negara dan budaya, berkomunikasi dengan penduduk lokal.Tertarik untuk menikmati keindahan Kuta? Kenapa tidak memasukkan agenda liburan anda selanjutnya untuk self drive (setir sendiri) atau dengan driver.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“GWK”

(Garuda Wisnu Kencana )

 

GWK (Garuda Wisnu Kencana ) adalah patung terbesar yang ke- 2 di seluruh dunia. Luas areal GWK 250 ha. Lengkap dengan permainan, rekreasi, dll. Patung ini mulai dibangun pada tahun 1996 ketika masa pemerintahan presiden Soeharto. Namun, patung ini belum terselesaikan karena terjadinya bom Bali di Denpasar sehingga para pemberi saham belum memberikan dana. GWK tersebut mempunyai dua patung, yang terdiri dari patung kepala Dewa Wisnu dan kepala Burung Garuda. Patung Burung Garuda tersebut dapat berputar setiap menit searah jarum jam, itulah keunikan dari Patung Burung Garuda. Arsitek dari GWK beraama Nyoman Nuarte yang lulusan dari ITB ( Bandung ).

Bahan pembuat patung tersebut dari tembaga yang didalamnya dilapisi kuningan agar tembaga dapat menempel. Tinggi penyangga patung GWK mencapai 146 m, sedangkan tinggi patung Dewa Wisnu 22 m.

Garuda Wisnu Kencana (GWK) begitu hebat. Sebuah mini-city dengan segala fasilitas hiburan, shopping dan tempat rekreasi seluas puluhan hektar. Tentu saja jangan lupakan patung GWK itu sendiri. Rencananya akan menjulang setinggi 128 meter dan konon merupakan yang tertinggi di dunia untuk kategori Statue

Terletak di kawanan perbukitan dengan view yang menawan seperti Pantai Kuta & Jimbaran di kejauhan, Airport Ngurah Rai dan Diantaranya melewati kampus UNUD yang berbelok-belok tapi dapat bonus Hat mahasiswi bening, atau direct melalui jalan utama Jimbaran dengan beberapa tikungan-tikungan tajam dan berbahaya.

Proyek GWK hampir 50% fasilitas hiburan sudah jadi. Ada 2 stage utama untuk menggelar acara kesenian. Satunya kecil, cocok untuk theater, konser band ABG, atau kesenian daerah. Satunya lagi ukuran jumbo dengan pilar-pilar raksasa. Kalau ada acara-acara skala nasional / internasional pasti mengambil tempat disini.

Berkeliling GWK akan membuat kita kagum. Area yang aslinya uiikit batu yang miring terjal disulap menjadi sebuah bangunan raksasa dengan arsitektur mengagumkan. Bukit dipotong-potong menjadi pilar 2 raksasa ala bangunan di mesir, tapi tetap dengan style Bali. Mereka memotong 2 bukit seperti memotong keju.

 

 

Dibalik semua keindahan, proyek GWK terayata punya banyak kasus. Proyek GWK dari awal berjalan lancar sampai Bom Bali I meledak. Bali mengalami krisis dan proyek mulai mangkrak. Penduduk

pembebasan tanah. Isu korupsi dan penyelewengan dana juga mulai menggerogoti GWK. + semen berukuran semeter dua meter yg merupakan hasil upacara peletakan batu pertama oleh Mantan Presiden Megawati. Lalu, mana patungnya…?

Garuda Wisnu Kencana, atau GWK, merupakan patung Dewa Wisnu yang berdiri tegak di Bukit Ungasan Jimbaran Bali (selatan bandara). Patung buatan seorang lulusan ITB bernama I Nyoman Nuarta ini konon akan ditata diatas patung Garuda setinggi 75 meter dengan Liberti (yg hanya setinggi 151 kaki atau sekitar 46 meter, emiiw). Letak patung yang berada dibukit kapur dengan ketinggian 300 dpi ini kemudian akan menyambut siapapun yang hendak mendarat di pulau Bali.

Sejak dibangun tahun 1997, sampai dengan saat ini kondisi patung baru selesai 15 % yang terdiri dari patung Dewa Wisnu dan Kepala Garuda. seperti yang dituliskan harian pikiran rakyat tahun lalu, SBY mengharapkan proyek ini kelar 20 Mei 2008 mendatang. Pembangunan yang tengah terhenti ini menemui beberapa kendala antara lain masalah pendanaan yang konon masih memerlukan setidaknya Rp 600 miliar. melakukan pendanaan.

Dewa Wisnu sendiri dalam keyakinan umat Hindu merupakan dewa pelindung atau pemelihara alam semesta. sedangkan Garuda, kendaraan dewa Wisnu, melambangkan kebebasan dan pengabdian. sehingga secara keseluruhan, GWK diharapkan menjadi simbol misi penyelamatan lingkungan dan dunia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

” TAN JUNG BENOA ”

 

 

Nusa Dua dan Tanjung Benoa, yang terletak di kabupaten ujung selatan pulau Bali, menawarkan berbagai keindahan wisata dan olah raga air.

Nusa Dua merupakan salah satu bukti booming pariwisata Bali. Kawasan ini didesign sebagai BTDC ( Bali Tourism Development Center) alias pusat pengembangan pariwisata Bali. Hotel 5 star pun banyak terdapat di kawasan ini seperti Nikko Bali, Westin, Ayodya lainnya.

Sedangkan kawasan Tanjung Benoa yang bersebelahan dengan Nusa Dua, merupakan pusat olahraga air seperti banana boat. Tempat ini cocok untuk keluarga terutama anak-anak.

Tanjung Benoa merupakan tempat yang sangat indah, disana kita dapat menikmati berbagai wahana yang tersedia misalnya banana boad, jat sky, flying fish, speedboad, terjun payung, dll. Di Tanjung Benoa memberi makan pada ikan berupa roti tawar. Setelah puas memberi makan ikan, perjalanan diteruskan menuju teluk penyu. Setelah sampai di teluk penyu kita dapat melihat penyu, burung, ular phiton, monyet, dan dapat berfoto- foto dengan mereka. Sebelum kita meninggalkan teluk penyu tersebut, kita diminta uamg sebesar Rp 2000,00 sebagai ganti uang makan untuk hewan tersebut.

Bagi anda yang membawa anak-anak balita atau SD, naik perahu ke Pulau Penyu adalah salah satu alteroatif pilihan yang bisa bikin mereka happy and have fun. Pulau Penyu terletak di desa Tanjung Benoa, sekitar 25 menit drive dari Kuta. Dinamai pulau penyu, karena lokasi ini oleh warga sekitar dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu. Ceritanya, hewan penyu era th 1990-an hampir mencapai kepunahannya di Bali. Orang Bali gemar sekali makan daging penyu, karena rasanya enak banget. Belum lagi kalau ada ritual di pura, Penyu adalah salah satu hewan kurban yg wajib ada dan juga wajib untuk dijadikan lawar (makanan khas Bali). Akibataya, populasi penyu mengalami kemerosotan yang sangat drastis, babkan nyans punab. Femerintab kemudian membuatitu utk ritual di pura, hanya dlperkenankan utuk pura-pura besar saja dan ritual keagamaan yang bersifat besar, dan hanya 1 ekor saja yang kecil.

 

 

 

Masyarakat Tanjung Benoa sebelum aturan itu dibuat sudah berinisiatif sendiri melakukan konservasi terhadap satwa penyu. FCebetulan diareal mereka ada sebuah daratan timbul berupa hamparan pasir yg dikelilingi oleh rawa-rawa. Saat air pasang, daratan ini tertutup 3leh air laut. Dipilihlah tempat ini sebagai lokasi penangkaran yang sesuai, karena penyu mutlak perlu air laut utk habitat hidupnya, beda iengan kura-kura. Sekali lagi, penyu TDDAK SAMA dengan Kura-kura, 3eda banget. Kura-kura menggigit, penyu tidak sama sekali. Kura-kura nakanannya daging, penyu hanya rumput laut saja. Jadi penyu itu sangat sangat jinak banget. Penyu di lokasi ini populasinya semakin meningkat. Pada saat musim kawin, telur-telur yang ada diselamatkan oleh warga dan litetaskan. Tukik (anak penyu) yang berumur 1 bulan, kira2 50%-nya lilepas kelaut bebas. Sisanya dipelihara utk dibesarkan kembali. Kalau lain dialam. Kira-kira setelah berumur 1 tahun, 1/2 dari sisa 50% tadi fang masih hidup akan dilepas kembali ke laut. Sisanya baru dipelihara ituk dijadikan indukan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk mencapai lokasi ini harus menaiki perahu dari pesisir pantai fanjung Benoa. Perahunya adalah GLASS BOTTOM yang ada kaca libawahnya. Sebelum menuju pulau penyu, anda akan diajak melihat pemandangan bawah laut Nusa Dua yang indah, penuh dengan ikan-ikan lias dan batu koral. Sambil melemparkan roti yang telah disiapkan oleh jopir boat, anda akan bermain-main dengan beraneka ragam ikan bisa disini. Dan disini hanya suka roti, tidak doyan yang lainnya. Setelah 3 uas, baru diajak jalan ke pulau penyu yang ditempuh hanya dengan 10 menit saja.

Di Pulau Penyu, anda akan dipandu oleh warga lokal sambil diajak berkeliling melihat penyu-penyu yang ada. Anda bebas untuk berfoto dengan penyu yang manapun disini. Dari mulai anakan sampai indukannya. Disini juga ada beberapa hewan lain seperti burung elang laut, rangkong, kelelawar, dan ular yg sudah jinak dan bisa dipegang sambil anda difoto. Kalau haus, jangan khawatir, kelapa muda tersedia untuk anda disini. Sebelum meninggalkan pulau penyu, kerelaan anda berupa donation sangat diharapkan untuk bisa membantu warga setempat membeli makanan penyu-penyu yang ada. So… Let’s make friend with turtle………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

GALIH ”

 

Galih adalah tempat penjualan suovenir-suovenir dan pakaian-pakaian khas Pulau Bali, dan kualitasnya pun sangat bagus. Setiap pembeli diberi diskon 50% dan itu hanya berlaku dalam waktu 45 menit. 50% menjadi hangus. Lokasinya pun cukup menarik sehingga banyak pengunjung yang mengunjunginya.

 

 

“ MAMA DEWI ”

 

 

Mama Dewi adalah pusat pembelanjaan buah tangan khas pulau Bali. Sebelum masuk kita di beri sebuh kertas diskon pembelanjaan. Di ball dengan berbagai jenis rasa, brem, kacang koro, krupuk aneka rasa, minuman brem, dll.

 

 

“ SOEKAWATI ”

 

 

Kalau anda ke Bali pasti tidak akan melewatkan Pasar Seni Sukawati. Ya, tempat ini seolah menjadi ikon belanja souvenir termurah di Bali. Terletak di desa Sukawati kira-kira 40 menit drive dari Kuta. Disini akan dijumpai beraneka ragam souvenir khas Bali seperti kaos, handicraft dari kayu, sandal payet, tas-tas, bed cover, dll. Namanya juga pasar, jadianda haras pintar-pintar menawar. Jangan ragu-ragu untuk langsung saja ke Rp. 10.000.-. Jika dalam proses tawar menawar ini tidak tersebut. Mereka tidak dean marah ataupun mengumpat. Tapi kalau mereka pikir harga penawaran anda masih masuk dalam kalkulasi mereka, anda pun akan dipanggilnya.

Hati-hati dalam memilih barang. Kualitas barang disini agak kurang. Kadang size-nya pun tidak sesuai dengan stempel yang tertera. Saran saya, kalau anda membeli, yakinkan untuk melihat dan meneliti barang tsb terlebih dahulu. Syukur-syukur kalau dapat yang bagus. Tapi kalau dapatnya yang kurang bagus, wah gak mungkin untuk dikembalikan.

 

 

 

 

 

 

Masih berada diseputar Kuta area. Disini berjejer toko-toko yang Maklum, daerah ini adalah daerah bisnis yang fokusnya adalah untuk ekspor. Perhiasan dan pernak-pernik dari bahan payet atau bahan plastik unik. Bagi anda yang menyenangi fashion berkelas, para designer menjadikan Seminyak sebagai tempat mereka memajang kreasinya. Lampu-lampu kristal dan barang-barang untuk interior rumah yang modern dan menarik bisa anda dapatkan juga disini. Intinya, kalau anda menyenangi shopping barang berkualitas tinggi, datanglah ke Seminyak.

 

 

 

” DANAU BEDUGUL ”

 

Bedugul merupakan suatu kawasan Pariwisata yang terletak pada ketinggian + 1240 m dari permukaan laut. Daerah ini sangat sejuk dengan temperatur rata-rata 180 C pada malam hari dan 240 C pada siang hari.

Danau Bedugul merupakan salah satu objek wisata pilihan di Bali juga. Objek wisata ini terletak di kabupaten Tabanan dan terkenal akan danau dan restorannya.

Suhu udara di Danau Bedugul ini jauh lebih tinggi dibandingkan tempat wisata lainnya, di Bedugul suhunya kurang lebih 18 derajat Celcius, tentu memberikan suasana tersendiri selama liburan di Bali. Tempat wisata Bali ini mirip dengan yang di Kintamani.

Danau Bedugul terkenal akan keindahan danau Tamblingan dan adapun bisa menikmati keindahan dengan menyewa speedboat atau perahu unuk berkeliling di danau Bedugul. Disini juga tersedia watersport seperti paraseling, banana boat, jetsky dll. Dan disini anda juga bisa memancing ikan.

  under arsip:  Perkulihan.com.

 KARYA TULIS HASIL STUDI TOR KE BALI, LAPORAN STUDI TOUR BALI, CONTOH LAPORAN STUDI TOUR

Category: Karya Ilmiah

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*