Gaya Kepemimpinan Para Pemimpin Dunia

Selain kepemimpinan mempunyai ciri khas, dengan pengelompokan pada tipe-tipe tertentu sebagaimana dalam postingan sebelumnya Tipe-Tipe Kepemimpinan maka kali ini perkuliahan.com ingin mempublish materi tentang Gaya Kepemimpinan.

Gaya kepemimpinan tersebut dapat diuraikan secara singkat dibawah ini:
1. Gaya Otokratik/Otoriter
Pada gaya kepemimpinan otokratik/otoriter ini, pemimpin menentukan segala kegiatan kelompok secara otoriter. Dialah yang memastikan apa yang akan dilakukan kelompok, dan anggota-anggota kelompok tidak diajak untuk turut menentukan langkah-langkah pelaksanaan ataupun perencanaan kegiatan-kegiatan anggota kelompok. Kelompok hanya diberi instruksi tentang langkah-langkah pekerjaan yang paling dekat saja, tanpa diberitahu langkah kegiatan demi selangkah, tanpa ada perembukan mengenai tujuan-tujuan umum dari kegiatan kelompok.
2. Gaya Demokratis
Pada gaya kepemimpinan demokratis, pemimpin mengajak anggota kelompok untuk menentukan bersama tujuan kelompok serta perencanaan langkah-langkah pekerjaan. Penentuan itu adalah dengan cara musyawarah dan mufakat. Pemimpin memberi bantuan ataupun nasehat kepada anggota kelompok dalam pekerjaannya, selain itu pemimpin demokratis juga memberikan saran-saran mengenai bermacam-macam kemungkinan pelaksanaan pekerjaan yang dapat mereka pilih sendiri mana yang terbaik. Pemimpin demokratis memberi peenghargaan dan kritik secara objektif dan positif.
3. Gaya Laissez-Faire
Pada gaya kepemimpinan laissez-faire, pemimpin menjalankan peranan yang pasif, sebagai seseorang yang hanya menonton saja. Pemimpin gaya ini menyerahkan segala penentuan tujuan dan kegiatan kelompok kepada anggota-anggotanya sendiri. Pemimpin hanya menyerahkan bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan dalam pekerjaan kelompok itu. Dia tidak mengambil inisiatif apapun di dalam kegiatan kelompok. Pemimpin ini berada di tengah-tengah kelompok, tetapi tidak berinteraksi dan berperilaku seperti penonton saja.
Gaya kepemimpinan tersebut di atas dilengkapi menjadi empat oleh Gatto (dalam Moejiono, 2002) yaitu Gaya direktif, gaya konsultatif, gaya partisipatif dan gaya delegatif. Gaya kepemimpinan tersebut dapat diuraikan secara singkat dibawah ini:
1. Gaya Direktif
Pemimpin yang direktif pada umumnya membuat keputusan-keputusan penting dan banyak terlibat dalam pelaksanaannya. Semua kegiatan terpusat pada pemimpin, dan sedikit saja kebebasan orang lain untuk berkreasi dan bertindak yang diijinkan. Pada dasarnya gaya ini adalah gaya otoriter.
2. Gaya Konsultatif
Gaya ini dibangun di atas gaya direktif, kurang otoriter dan lebih banyak melakukan interaksi dengan para staf dan anggota organisasi. Fungsi pemimpin lebih banyak berkonsultasi, memberikan bimbingan, motivasi, memberi nasihat dalam rangka mencapai tujuan.
3. Gaya Partisipatif
Gaya partisipasi bertolak dari gaya konsultatif yang bisa berkembang kearah saling percaya antara pemimpin dan bawahan. Pemimpin cenderung memberi kepercayaan pada kemampuan staf untuk menyelesaikan pekerjaan sebagai tanggung jawab mereka. Sementara itu, kontak konsultatif terus berjalan.
4. Gaya Free-Rein atau Gaya Delegasi.
Gaya yang mendorong kemampuan staf untuk mengambil inisiatif. Kurang interaksi dan control yang dilakukan oleh pemimpin sehingga gaya ini hanya bisa berjalan apabila staf memperlihatkan tingkat kompetensi dan keyakinan untuk mengejar tujuan dan sasaran organisasi.
Pada dasarnya gaya kepemimpinan ini bukan suatu hal yang mutlak untuk diterapkan, karena pada dasarnya semua jenis gaya kepemimpinan itu memiliki keunggulan masing-masing. Pada situasi atau keadaan tertentu dibutuhkan gaya kepemimpinan yang otoriter, walaupun pada umumnya gaya kepemimpinan yang demokratis lebih bermanfaat. Oleh karena itu dalam aplikasinya, tinggal bagaimana kita menyesuaikan gaya kepemimpinan yang akan diterapkan dalam keluarga, organisasi/perusahan sesuai dengan situasi dan kondisi yang menuntut diterapkannnya gaya kepemimpinan tertentu untuk mendapatkan manfaat.

setelah menyimak satu demi satu gaya kepemimpinan diatas, kira-kira kalau kamu jadi pemimpin akan condong mengikuti gaya yang bagaimanakah??

..........

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *