Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

contoh TELAH MATERI PENDIDIKAN PAI SMP / SMA

 CONTOH  TELAH MATERI PENDIDIKAN PAI SMP / SMA

under arsip:  Perkulihan.com.

Judul Artikel : contoh TELAH MATERI PENDIDIKAN PAI SMP / SMA

Bidang  artikel /makalah  : Contoh Rencana pembelajaran , contoh TELAH MATERI PENDIDIKAN PAI SMP / SMA

…………………………………………………………………………………………………………

TUGAS TELAH MATERI PENDIDIKAN PAI SMP / SMA

Nama :
NIM :
KELAS :
DOSEN :
LEMBAGA PENDIDIKAN :
MATA PELAJARAN : PAI
MATERI / KD :
KELAS / SM :
Pembahasan
Materi yang disampaikan untuk Mata Pelajaran Bahasa Arab pada tingkat satuan pendidikan di Sekolah Menengah atas kelas X semester I berupa mendengarkan dan mengamati pokok bahasan berupa tulisan huruf-huruf hijaiyah yang diawali dari huruf-huruf tunggal dan kemudian berupa rangkaian huruf arab dalam satu kata atau kalimat.
Program Semester yang telah dibuat oleh guru pengampu Bahasa Arab di SMA Negeri 01 Paninggaran mengalokasikan waktu untuk materi mendengarkan sebanyak 2 kali pertemuan atau 6 jam pelajaran dengan rincian 4 x 45 menit dan 2 x 45 menit.Jumlah keseluruhan alokasi waktu Mata Pelajaran Bahasa Arab selama satu semester adalah 56 jam (semester I) dan semester 2 adalah 56 jam = 112 jam
Program Tahunan yang dibuat oleh guru pengampu Bahasa Arab di SMA Negeri 01 Paninggaran mengalokasikan waktu untuk materi mendengarkan sebanyak 2 x pertemuan atau 6 jam pelajaran dengan rincian 4 x 45 menit dan 2 x 45 menit. Didalam Prota jumlah alokasi waktu pada semester 1 adalah 52 jam pelajaran dan semester 2 adalah 60 jam pelajaran = 112 jam.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dibuat untuk memudahkan guru Bahasa Arab SMA Negeri 01 Paninggaran yang merupakan penjabaran dari Prota, Promes, Silabus dan bahan ajar yang telah disiapkan yang telah dilengkapi dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Alokasi Waktu, Materi, Tujuan, Metode dan Langkah-langkah Pembelajaran.
Silabus yang telah dibuat pada semester 1 untuk kelas X sebagai bahan acuan pendidik dalam proses pembelajaran telah dilengkapi dengan struktur yang standar sesuai dengan aturan baku pembuatan silabus dalam dunia pendidikan.
Kesimpulan hasil telaah Materi Bahasa Arab.
Materi Mendengarkan Mata Pelajaran Bahas Arab di Lembaga Pendidikan Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Paninggaran secara garis besar bila amati dan dicermati dari perangkat pembelajaran secara keseluruhan dari sisi materi yang disampaikan, Prota, Promes, Silabus maupun Rencana Pembelajaran yang dibuat oleh guru pengampu Bahasa Arab telah bagus walaupun belum dikatakan sempurna. Karena ada beberapa hal yang kurang sesuai baik dari metode yang digunakan, alokasi waktu antara prota dan promes pada semester I yang berbeda secara keseluruhan jam pelajaran. Namun untuk materi keduannya sama-sama 6 jam waktu yang butuhkan. Alangkah lebih baik apabila metode yang digunakan tidak hanya ceramah dan tanya jawab saja, tetapi ditambah dengan demonstrasi dan pengamatan sehingga sesuai dengan yang tertulis pada silabus. Sementara itu pada promes jumlah jam pelajaran selama semester 1 adalah 56 jam tetapi pada prota hanya 52 jam pelajaran.
Pada perangkat pembelajaran silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bila dicermati secara keseluruhan antara keduanya sama tidak ada perbedaan yang berarti dan telah memenuhi standar terbaru yang sesuai dengan aturan dalam dunia pendidikan. Hasil penelaahan secara keseluruhan bahwa perangkat pembelajaran yang dibuat telah memenuhi syarat-syarat untuk digunakan dalam proses belajar dan mengajar di lembaga tingkat SLTA /SMA. Apalagi pada sebuah lembaga pendidikan umum yang mengajarkan bahasa asingnya dengan bahasa Arab.Ternyata memiliki tujuan untuk ikut melestarikan bahasa arab sebagai bahasa Al Qur’an yang tentunya untuk memudahkan siswa-siswinya dalam memahami dan membaca ayat-ayat Al Qur’an, terutama yang beragama Islam.

 CONTOH  TELAH MATERI PENDIDIKAN PAI SMP / SMA

under arsip:  Perkulihan.com.

Category: Tugas Kuliah

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*