Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah (Perwakilan siswa)

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah (Wakil siswa )
under arsip:  Perkuliahan.com
Title Post :  Contoh Pidato Kelulusan Sekolah/ perwakilan siswa
Post Category  : CONTOH PIDATO, CONTOH SAMBUTAN, CONTOH PIDATO Resmi, Contoh – Contoh Pidato Menyambut Contoh Pidato Kelulusan Sekolah
next Post : Contoh  Pidato Menyambut Tahun Baru Islam

………………………….

arsip data Perkuliahan.com.edisi : 157

berikut salah satu format teks pidato yang akan kita bahas dalam forum kuliah Perkuliahan.com., kalai ini dengan judul / tema  ” Contoh Pidato Perpisahan Sekolah (Wakil siswa) , dalam contoh pidato ini hanya sebagai sampel, sedang untuk  kontekstualisasi dan penyesuaian bisa disesuaikan sendiri.  beberapa contoh pidato yang diposting dalam perkuliahan.com ini saya dapatkan berbagai sumber dan beberapa media share sperti  ziddu, dotdoc 4shared dsb. yang mana menurut saya file-file disana untuk dokumentasi, sehingga dengan mohon izin kepada pemilik file untuk di share agar lebih bermanfaat. Perkuliahan.com. kali ini dengan postingan beberapa judul pidato, kalau untuk yang ada sumber identitas pengupload maka akan saya cantumkan tapi kalau tidak ada  maka tidak saya cantumkan” Alhamdulillah sekarang bisa repost contohnya pidato  dengan tema ”  Contoh Pidato Kelulusan Sekolah / perpisahan/ Contoh Pidato Perpisahan Sekolah (Wakil siswa) ”

Untuk pidato yang membutuhkan Muqodimah Bahasa Arab  lainya bisa dilihat di ” Contoh Pembukaan Pidato “

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah (Wakil siswa)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

(untuk memilih moqodimah pidato yang lainya bisa dilihat pada “ Contoh Pembukaan Pidato

                Hadirin sekalian yang berbahagia,

Setelah lapar ada kenyang, setelah haus ada kepuasan, setelah begadang ada tidur pulas, dan setelah sakit ada kesembuhan. Setiap yang hilang pasti ketemu, dalam kesesatan ada petunjuk, dalam kesulitan pasti ada kemudahan. Serta, setelah menghadapi berbagai bentuk ujian, maka pasti ada KELULUSAN. Begitu juga dalam kebersamaan pasti ada perpisahan menuju impian masing-masing.

Saya berdiri di sini mewakili kawan-kawan kelas X dan XI, merasa sangat percaya diri, memiliki kepala sekolah yang sangat kami sayangi. Merasa hebat sekali, menatap bapak dan ibu guru yang penuh abdi dalam mendidik dan mengasihi kami. Merasa damai sekali, mengingat perjuangan para karyawan membantu keperluan sekolah setiap hari. Merasa nyaman sekali merasakan kesejukan sekolah tercinta ini. Dan akhirnya, kami sangat merasa bangga dan bahagia dapat mengenal kakak-kakak kelas III, yang kini tampak raut wajah harap-harap cemas menanti eksekusi. Walau demikian, dalam sanubari yang penuh dengan keyakinan ini, kami sampaikan selamat atas keberhasilan kakak-kakak menempuh pendidikan selama kurang lebih tiga tahun di SMA 1 Kota Mungkid tercinta ini.

Allah swt berfirman: “Dan, Dia telah mengajarkan apa yang belum kamu ketahui. Dan adalah karunia Allah itu sangat besar”. (QS. An Nisa:113).

Kebodohan merupakan tanda kematian jiwa. Sebaliknya, ilmu adalah cahaya bagi hati nurani, kehidupan bagi ruh, dan bahan bakar bagi tabiat. Kebahagiaan, kedamaian, dan ketentraman hati senantiasa berawal dari ilmu pengetahuan. Itu terjadi karena ilmu mampu menembus yang samar, menemukan sesuatu  yang hilang, dan menyingkap yang tersembunyi. Selain itu, naluri dari jiwa manusia itu ingin mengetahui hal-hal yang baru dan mengungkap sesuatu yang menarik. Segala ilmu hanya milik Allah swt. Kita hanya dituntut untuk mencarinya lalu mengamalkannya sesuai dengan syariat yang telah ditentukan. Perintah al Qur’an untuk membaca merupakan salah satu bukti pentingnya suatu pengetauan. Kata-kata membaca bukan hanya membaca buku pelajaran atau pengetahuan, akan tetapi membaca setiap peristiwa yang kita hadapi dengan sistematis. Sehingga dengan membaca tersebut melatih kita untuk tidak mempunyai sifat buru-buru dalam mengambil setiap keputusan. Maka tidak heran bila menuntut ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang diwajibkan. Dimanapaun kita berada, kita dihadapkan pada pengetahuan. Seandainya sebelumnya kita mengetahui bahwa yang namanya mobil itu mempunyai roda empat, tapi mengapa ada mobil beroda tiga, alias bajak. Mengapa demikian?karena ilmu pengetahuan telah kita dapatkan bahwa yang beroda tiga bukanlah mobil pada umumnya. Di masyarakat ada pendidikan yang dinamakan pendidikan non formal, dalam keluarga ada pendidikan yang dinamakan pendidikan informal, dan kita di sekolah ini diberikan pendidikan yang disebut sebagai pendidikan formal. Belajar di sekolah sangatlah menyenangkan. Begitu sistematis, menarik, banyak teman, banyak orang tua, banyak kegiatan, dan yang paling indah adalah ilmu pengetahuan yang bisa kita dapatkan, baik ilmu murni maupun terapan. Kita harus percaya bahwa ilmu itu sangat bermanfaat. Tinggal apakah kita akan menggunakannya secara baik atau tidak. Contohnya, Guru matematika memberikan manfaat ketika kita berjualan, memanage uang, dll. Guru biologi memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan. Guru agama bermanfaat dalam menentukan sikap. Guru kesenian memberikan manfaat berkreativitas. Guru geografi bermanfaat dalam bidang pertanian. Guru ekonomi bermanfaat dalam system keuangan. Guru sosiologi mengajarkan tentang bagaimana kita hidup bermasyarakat. Dan guru-guru lainnya. Semua itu merupakan sesuatu yang dapat kita ambil manfaat untuk membantu kita dalam mengarungi berbagai keperluan.

Perjalanan jauh yang akan kakak-kakak tempuh setelah lulus dari sekolah ini masihlah panjang. karena bukan berarti setelah lulus dari sini masalah akan selesai, tapi lebih dari itu, masalah akan senantiasa membayangi. Baik itu besar atau kecil, yang pasti kita harus mengahadapinya dengan kesadaran diri. Yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, semoga dapat menyesuaikan menjadi mahasiswa. Yang ingin bekerja, semoga dapat menyesuaikan diri dengan dunia kerja. Yang ingin les, semoga dapat menyesuaikan dengan apa yang disenanginya. Dan semoga apapun yang akan dilakukan setelah dari SMA ini, kakak-kakak bisa menyesuaikan dengannya.

Kakak-kakak yang baik hati dan tidak sombong. Perjalanan kita dimulai ketika kita sama-sama melihat gerbang sekolah ini. Gerbang yang di dalamnya tampak berbagai macam kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Walaupun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa di antara kita semua pernah melakukan sesuatu yang kurang berkenan di hati kakak semua. Baik itu yang kami sengaja maupun yang tidak kami sengaja. Oleh karena itu, kami memohon maaf atas segala sesuatu yang tidak berkenan dan tidak pantas untuk kami lakukan selama ini. Dan terima kasih atas bimbingan kakak semua dalam berbagai kegiatan yang membuat kami mengenal sekolah ini dengan lebih baik. Akhirnya, marilah kita semua senantiasa menjaga nama baik almamater SMA 1 Kota Mungkid dimanapun kita berada. Kita harus bangga pada sekolah ini. Sehingga apa bila nanti kakak-kakak mempunyai sesuatu yang baik untuk sekolah ini, maka hal tersebut kemungkinan besar dapat dipertimbangkan sesuai dengan ketentuan dan keadaan yang ada.

Kami semua di sini mendoakan agar dalam perjalanan karir berikutnya mendapat kemudahan dan jauh dari kerusakan. Siapa saja di antara kita yang berhasil nantinya, maka kita harus membantu mereka yang belum berhsil, agar kekeluargaan kita terjaga hingga saatnya tiba.

Mungkin hanya ini yang dapat kami sampaikan mewakili semua siswa kelas X dan XI. Sekali lagi kami ucapkan selamat menempuh perajalanan baru, tetap semangat mencapai cita-cita, dan jangan pernah lupa untuk berdoa dan rendah hati. Semoga Allah swt, selalu bersamamu mengiringi langkah perjalananmu, mencapai impian. Terima kasih, dari pribadi saya moho maaf atas kesalahan dalam penyampaian, terima kasih atas perhatian hadirin.

Wassalamu’alaikum wr wb

under arsip:  Perkuliahan.com
Title Post :  Contoh Pidato Kelulusan Sekolah/ perwakilan siswa

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*