Perkuliahan.com

Materi Kuliah, makalah pendidikan, beasiswa kuliah

CONTOH PENYUSUNAN LAPORAN KPM / KKN

under arsip:  Perkulihan.com.

Judul postingan : CONTOH PENYUSUNAN LAPORAN KPM / KKN

Bidang  postingan  : CONTOH pembuatan laporan KPM

……

KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT (KPM) XXII

UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ)

JAWA TENGAH DI WONOSOBO

TAHUN 2010

 

PENGESAHAN

 

Tim KPM angkatan XIX UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo tahu 2010 telah melaksanakan tugas Pengabdian Masyarakat di Desa Sijeruk Kecamatan Banjarmangu pada tanggal 1Maret 2010 sampai dengan 10 April 2010, maka dengan ini :

 

Judul Laporan : Laporan Akhir Kuliah Pengabdian Mayarakat (KPM) angkatan XIX UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo tahun 2010, Desa Sijeruk Kecamatan Banjarmangu

 

Penyusun : Tim KPM angkatan XIX UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo tahun 2010 Desa Sijeruk Kecamatan Banjarmangu

 

Telah dinyatakan sah dan dapat diterima sebagai salah satu kelengkapan dalam rangka menyelesaikan studi program sarjana Strata Satu (S1) di Universitas Sains Al-qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo.

Banjarnegara, 10 April 2010

KPM XIX UNSIQ

DESA SIJERUK, KECAMATAN BANJARMANGU

 

AGUS SALIM

 

Koordinator Desa

 

 

 

SAMBUTAN KEPALA DESA

 

 

Assalamu,alaikum Wr. Wb

 

Alhamdulillah, puji syukur senantiasa kita ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah kepada kita semua. Shalawat dan salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW semoga kita semua medapatkan safaat nya di yaumul akhir. Amin

 

Alhamdulillah Desa Sijeruk Banjarmangu diberi kesempatan kembali untuk dapat bersilaturohim dengan keluarga besar UNSIQ Jawa Tengah Di Wonosobo pada umum nya dan peserta KPM UNSIQ pada khususnya. Sebagai perguruan tinggi yang megunggulkan dua sisi sekaligus yaitu spiritulisme dan sains tentunya akan membuahkan keseimbangan dalam pola pikir yang pasti dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu saya mewakili masyarakat Sijeruk menyatakan ucapan trimakasih atas segala partisipasi di desa kami.

 

Desa Sijeruk adalah desa binaan yang tentunya masih sangat membutuhkan banyak ispirasi dari berbagai pihak salah satunya mahasiswa. Mahasiswa dengan ide-ide dan kreativitasnya diharapkan mampu membawa perubahan positif dalam masyarakat. Kami tidak akan menuntut kesempurnaan karena tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini. Akan tetapi Tuhan menjanjikan kesempurnaan dalam setiap usaha kebaikan.

 

Tiada kata seindah doa, akhir kata semoga segala ilmu yang diperoleh dapat berbuah manfaat bagi sesama. Saya selaku perwakilan dari segenap masyarakat Sijeruk minta maaf apabila selama rekan rekan KPM mengabdi di desa kami, terdapat kesalahan ataupun kekurangan dari segenap keluarga besar masyarakat Sijeruk

 

 

Sijeruk, 10 April 2010

 

Kepala Desa

 

 

H. Bilal

 

 

KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillahirabbil‘alamin, suatu anugerah dari Allah SWT yang tidak ternilai besarnya, bahwasanya kami dapat melaksanakan kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) mahasiswa UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo angkatan XIX tanpa adanya aral dan rintangan yang berarti.

 

Kami, Tim KPM UNSIQ 2010 yang berada di Desa Sijeruk merasa sadar sepenuhnya bahwa apa yang telah kami lakukan selama 40 hari tidak banyak memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat di Desa Sijeruk. Namun Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) sebagai implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi, merupakan upaya tulus dari kami yang tanpa pamrih telah berupaya untuk mengabdikan diri pada masyarakat dengan bekal pengetahuan yang kami miliki.

 

Tiga komponen yaitu mahasiswa, masyarakat dan universitas yang merupakan komponen dasar sekaligus sasaran dari kegiatan KPM ini, mudah-mudahan dapat mengambil hikmah yang berharga dari kegiatan KPM ini. Sebab bagi mahasiswa, kegiatan ini hanya merupakan bagian kecil dari proses panjang kita dalam mempersiapkan diri untuk dapat berintegrasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

 

KPM ini dapat terlaksana dan laporan akhir ini dapat kami susun, karena adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, kami sampaikan ungkapan terima kasih yang mendalam kepada :

 

1. Bapak H. Bilal, selaku Kepala Desa Sijeruk, beserta segenap perangkat desa Sijeruk.

 

2. BP KPM UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo

 

3. Bapak Hayatudin Alh. S.Ag selaku Dosen Pembimbing Lapangan, yang telah dengan setia memberikan bimbingan dan pengarahan kepada kami.

 

4. Bapak Rohyanto beserta pengurus dan pengelola TPQ Al Barokah Desa Sijeruk serta para pengampu TPQ yang ada di Sijeruk.

 

5. Bapak H. Bilal, H. Tuyanto, Suhardi sekeluarga yang telah memberikan tempat dan perhatian kepada kami, serta menjadikan kami sebagai bagian dari keluarga,”ngapunten sampun ngerepoti”.

 

6. Seluruh masyarakat Desa Sijeruk yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

 

Semoga segala upaya yang dilakukan oleh teman-teman KPM beserta masyarakat dapat memberikan perubahan kearah yang lebih. Kepada segenap masyarakat desa Sijeruk kami sekaligus menyampaikan permohonan maaf yang mendalam, sebab selama 40 hari proses KPM ini berjalan, banyak kesalahan dan kekhilafan yang kami lakukan. Dan semoga persaudaraan dan tali silaturahmi yang kita jalin dapat terus langgeng sebagai wujud ukhuwah islamiyah.

 

Jazakumullahi Akhsanal Jaza’

 

 

Sijeruk, 10 April 2010

 

 

a.n Tim KPM UNSIQ

 

Desa Sijeruk

 

 

Agus Salim

 

Koordinator Desa

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR TABEL DAN LAMPIRAN

 

 

Tabel 1.1

 

 

Kegiatan kelompok selama 40 hari

 

 

 

 

 

 

Lampiran 3

 

 

Dokumentasi kegiatan

 

 

 

 

 

 

Lampiran 4

 

 

Laporan Keuangan Kelompok

 

 

 

 

 

 

Lampiran 5

 

 

Biodata peserta KPM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

 

PENDAHULUAN

 

 

A. Letak Geografis

 

Desa Sijeruk merupakan salah satu desadari 17 desa dalam wilayah Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. Berada pada arah utara yang Banjar-karang kobar km 15. Desa Sijeruk mempunyai luas wilayah 171.273 Ha Berpenduduk 2.097 jiwa, 624 KK. Desa Sijeruk merupakan daerah perbukitan dengan ketinggian 850 meter diatas permukaan laut, sedangkan kemiringan desa Sijeruk 60 derajat dengan curah hujan rata-rata 53,3 mm per hari (termasuk kata gori tinggi) Batas-batas desa Sijeruk adalah sebagai berikut;

 

· Sebelah Utara : Desa Paweden, kecamatan Karang kobar

 

· Sebelah Selatan : Desa Kalilunjar, kecamatan banjarmangu

 

· Sebelah Timur : Desa Suwidak, kecamatan Wanayasa

 

· Sebelah Barat : Desa Prendengan, kecamatan Banjarmangu

 

Jarak pusat pemerintahan Desa Sijeruk dengan pusat pemerintahan Kecamatan Banjarmangu sejauh 9 Km dengan lama waktu tempuh 15 menit. Sedangkan dari ibu kota kabupaten 15 Km dengan lama waktu tempuh ½ jam. Wilayah administrasi pemerintahan Sijeruk terdiri dari:

 

· Dusun : 2 dusun

 

· RT : 16 RT

 

· RW : 3 RW

 

 

B. Monografi dan Demografi Desa

 

1. Luas Wilayah

 

a. Pemukiman : 31,486 ha

 

b. Sawah : 72,684 ha

 

c. Ladang : 69,498 ha

 

d. Hutan : 42,700 ha

 

e. kolam : 0,3 ha

 

e. Tanah fasilitas umum : 2, 850 Ha

 

Jumlah : 216,368 ha

 

 

2. Kondisi Jalan

 

a. JalanTanah = -Km

 

b. Jalan Keras = 1,7 Km

 

c. Jalan Aspal = 1,225 Km

 

 

3. Kondisi Penduduk

 

a. Jumlah Penduduk = 3.000 jiwa

 

– Laki-laki = 1.135 jiwa

 

– Perempuan = 1.865 jiwa

 

b. Jumlah Kepala Kelurga = 570 KK

 

c. Jumlah Penduduk :

 

– Usia 0-14 tahun = 502 jiwa

 

– Usia 15-49 tahun = 1.786 jiwa

 

– Usia 50 ke atas = 712 jiwa

 

 

4. Mata Pencaharian Penduduk

 

NO

 

 

Jenis Mata Pencaharian

 

 

Jumlah

 

1.

 

 

Petani

 

 

875

 

2.

 

 

BuruhTani

 

 

81

 

3.

 

 

Buruh/swasta

 

 

48

 

4.

 

 

PNS / TNI / ABRI

 

 

4

 

5.

 

 

Pedagang

 

 

53

 

6.

 

 

Montir

 

Jumlah

 

 

4

 

1.065

 

 

5. Pendidikan Masyarakat

 

a. Tingkat pendidikan

 

NO

 

 

Tingkat Pendidikan

 

 

Jumlah

 

1.

 

 

Belum Sekolah

 

 

182

 

2.

 

 

Tidak pernah sekolah

 

 

22

 

3.

 

 

Tidak Tamat SD

 

 

88

 

4.

 

 

Tamat SD / Sederajat

 

 

1.622

 

5.

 

 

Tamat SLTP / Sederajat

 

 

128

 

6.

 

 

Tamat SLTA / Sederajat

 

 

80

 

5.

 

 

D1 / D2 / D3 / ( Diploma )

 

 

4

 

7.

 

 

S1 / S2

 

 

1

 

 

 

 

Jumlah

 

 

2. 126

 

 

6. Kesehatan Masyarakat

 

b. Fasilitas pendidikan yang ada :

 

– TPQ / TPA : 7 buah

 

– TK / Playgroup : – buah

 

– SD / MI : 2 buah

 

– SLTP /MTs : 1 buah

 

– SLTA : –

 

 

C. Keadaan Sosial Ekonomi

 

1. Pertanian / Perkebunan

 

a. Potensi

 

Sebagian besar masyarakat di Desa Sijeruk bermata pencaharian sebagai petani, baik pertanian sawah atau pertanian salak pondoh.

 

Mayoritasnya masyarakat bekerja dibidang pertanian, dikarenakan kondisi wilayah desa yang luas dan subur serta iklim yang mendukung, khususnya tanaman salak.

 

 

 

b. Permasalahan

 

Kurangnya pengetahuan mayoritas masyarakat desa Sijeruk sehingga mereka masih takut untuk mengambil jalan bisnis yang lebih menantang dan besar. Potensi-potensi desa yang dimanfaatkan hanya di jual secara mentahnya. Masyarakat belum mampu dan mau untuk merambah dunia persaingan bisnis yang lebih ketat. Mereka enggan untuk memutar otak mencari pasar yang lebih prospektif.

 

 

c. Solusi

 

Guna meningkatkan pendapatan petani khususnya dan masyarakat desa pada umumnya, makkka alternatif solusi yang ditawarkan adalah :

 

– Penyuluhan perbaikan mental berusaha swasta masyarakat Sijeruk

 

– Di adakan penyuluhan pengetahuan tentang pertanian agar hasil yang di dapat lebih maksimal.

 

 

2. Peternakan

 

a. Potensi

 

Kondisi iklim yang sejuk dan lahan yang subur maka rerumputan tumbuhan dengan subur. Beberapa petani juga memilih penghasilan dengan memelihara hewan ternak seperti sapi, kambing ayam dan lain sebagainya. Terutama hewan pemakan rumput sangat di minati di desa ini karena rumput gajah banyak dan mudah sekali tumbuh di lingkungan Sijeruk.

 

Masyarakat mengusahakan ternak kambing/sapi sebagai usaha untuk menambah pendapatan keluarga. Kepemilikan kambing/sapi adalah milik sendiri atau mengaduh milik orang lain. Sistem pengaduhan nya adalah bagi hasil anakan kambing.

 

Mayoritas kandang ternak adalah berdekatan dengan rumah tinggal masyarakat yang mengusahakan peternakan kambing. Sedangkan pakan senantiasa tersedia setiap musim. Baik kemarau atau penghujan yaitu berupa rumput-rumput.

 

 

b. Permasalahan

 

Permasalahan yang ada di jumpai antara lain:

 

· Peternak memiliki ternak relatif sedikit, rata-rata 1-2

 

· Keterbatasan dana untuk memiliki ternak kambing yang lebih banyak (dalam usaha yang bersekala menguntungkan)

 

c. Solusi

 

Melihat potensi pengembangan ternak kambing maka potensi yang di sampaikan yaitu pemberian bantuan modal pada tiap kelompok ternak. Kelompok mengelola bantuan modal untuk membeli bibit ternak . Dengan demikian tiap bulan atau kurun waktu tertentu, ada petani yang akan memiliki ternak dari modal bantuan dengan jumlah yang lebih banyak , diharapkan pendapatan dan hasil ternak menjadi lebih berarti.

 

3. Galian

 

a. Potensi

 

sumber alam berupa batuan granit yang terdapat di bukit yang tadinya adalah lahan pertania membuat masyarakat Sijeruk mempunyai jalur perekonomian lain selain pertanian dan peternakan. Batuan besar yang tersedia cukup banyak ini memang memakan tenaga ekstra para pekerjanya. Namun, nilai jual batu ini juga sebesar tenaga yang harus dicurahkan.

 

b. Permasalahan

 

Masyarakat tidak mempunyai ketrampilan dan kemampuan untuk mengolah sendiri batuan granit yang sudah tersedia. Kebanyakan yang ada adalah menjual batu itu dalam bentuk mentah. Baru kemudian diolah oleh pengusaha garnit dan dipaarkan. Padahal pasaran batu granit yang berasal dari Sijeruk sudah merambah pasaran internasional.

 

c. Solusi

 

Atas masalah di atas maka solusi yang ditawarkan adalah

 

a. Pelatihan perbaikan pengetahuan sehingga mental masyarakat dapat lebih berani dalam bersaing.

 

b. Memberikan ketrampilan mengolah sumber daya yang ada dengan baik dan tentunya tetap menjaga ekosistem.

 

 

D. Keadaan Sosial Budaya

 

1. Penduduk

 

Penduduk Desa Sijeruk berjumlah 3.000 orang, terdiri dari;

 

· Laki-laki : 1.135 orang

 

· Perempuan : 1.865 orang

 

· Jumlah KK : 570 KK

 

Berdasarkan pengelompokan dalam usia, maka komposisi penduduk Desa Sijeruksebagai berikut:

 

· Penduduk usia di bawah 15 tahun = 480 orang

 

· Penduduk usia produktif (15-60 tahun) = 1.412 orang

 

· Penduduk usia lanjut (>59 tahun) = 325 orang

 

Sementara penduduk Sijeruk berdasarkan agama yang dianut, terdata sebagai berikut:

 

– Islam : 2.999 orang

 

– Kristen/ protestan : 1 orang

 

– Katolik :- orang

 

– Hindu :- orang

 

– Budha :-orang

 

 

2. Pendidikan

 

Berdasarkan tingkat pendidikan yang ditamatkan penduduk Desa Sijeruk sebagian besar tamat SD. Secara lengkap sebagai berikut:

 

 

 

Jumlah Penduduk Berdasarkan Tingkat Pendidikan

 

NO

 

 

Tingkat Pendidikan

 

 

Jumlah

 

1.

 

 

Belum Sekolah

 

 

182

 

2.

 

 

Tidak pernah sekolah

 

 

22

 

3.

 

 

Tidak Tamat SD

 

 

88

 

4.

 

 

Tamat SD / Sederajat

 

 

1.622

 

5.

 

 

Tamat SLTP / Sederajat

 

 

128

 

6.

 

 

Tamat SLTA / Sederajat

 

 

80

 

5.

 

 

D1 / D2 / D3 / ( Diploma )

 

 

4

 

7.

 

 

S1 / S2

 

 

1

 

 

 

 

Jumlah

 

 

2. 126

 

 

Sumber : Desa Sijeruk 2009

 

Data yang terlihat dari desa Sijeruk yaitu banyak generasi yang hanya bersekolah sampai SD. Tapi tingkat lulusan SMP dan SMA pun masih dapat dikatakan tinggi. Ini menunjukkan bahwa motivasi para generasi untuk menuntut ilmu sudah mulai terbentuk hanya masih kurang berjalan dengan baik.Fakor penghambat yang paling utama adalah biaya, dukungan orang tua serta pengaruh lingkungan sebaya.

 

 

3. Kesehatan

 

Sarana kesehatan yang ada di desa Sijeruk hanya 1unit PKD dengan tenaga kesehatan 1 orang bidan desa. Sedangkan Forum Kesehatan Desa juga sudah terbentuk dengan 2 Posyandu.

 

Selama tahun 2009 terdapat kejadian balita gizi buruk sebanyak 4 ( satu ) anak. Terhadap hal ini pihak yang berkompenten telah mengambil langkah-langkah penanggulangannya. Sehingga pada bulan Desember 2009 yang bersangkutan sudah tidak berkategori gizi buruk.

 

Sarana Air Bersih tersedia,baik melalui sumur gali, hydrant maupun mata air. Namun sebagian besar masyarakat sijeruk memanfaatkan mata air yang ada. Dari 578 unit rumah, 531 rumah telah berdindingtembok, 45 rumah masih berdindding kayu dan hanya 2 rumah yang berdinding bambu. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat akan kebutuhan papan yang nyaman dan sehat telah semakin maju.

 

 

 

E. Keadaan Sosial Keagamaan

 

Dinamika keagamaan di Sijeruk sangat kental, terlebih dengan kejadian bencana longsor yang menimpa desa Sijeruk tepatnya gunung raja pada tahun 2006 lalu. Kejadian itu secara drastis mengubah pola piker masyarakat yang tadinya antipasti terhadap ajaran agama menjadi terbuka dan berminat untuk memperdalam agama Aktivitas keagamaan pun tidak pernah sepi, mulai dari kegiatan sholat berjamaah, pengajian baik harian, mingguan maupun selapanan.

 

Realitas tersebut menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat yang mayoritasnya merupakan muslim ini sangat tinggi. Tidak terkecuali bagi anak-anak dan remaja, sebab di Sijeruk terdapat 6 TPQ / Diniyah, yaitu :

 

– TPQ Al Barokah

 

– TPQ Al kudus

 

– TPQ An nur

 

– TPQ Al Muttaqin

 

– TPQ Al Mu’min

 

– TPQ Al Hidayah

 

Kegiatan TPQ / Diniyah tersebut dilaksankan setiap hari dengan materi : Pelajaran membaca Al-Qur’an dan pelajaran tambahan seperti Bahasa Arab, Akhlqul Alala, dan Fiqih. Metode pengajaran yang digunakan yaitu iqro’ yang di padu dengan metode qiroati.

 

Sedangkan untuk kegiatan pengajian rutin baik mingguan maupun selapanan secara lengkap dapat dilihat pada tabel berikut :

 

 

AKTIVITAS PENGAJIAN RUTIN DESA SI JERUK

 

WAKTU

 

 

TEMPAT

 

 

BENTUK PENGAJIAN

 

 

PESERTA

 

Malam senin

 

 

Keliling

 

 

Pengajian deresan khotmil Qur’an

 

 

Umum

 

Malam Rabu

 

 

Masjid Al muttaqin

 

 

berjanjen

 

 

umum

 

Kamis Sore

 

 

keliling

 

 

16.00

 

Pengajian Yasin dan Tahlil

 

18.00

 

Pengajian Yasin dan Tahlil

 

19.00

 

· Pengajian Yasin dan Tahlil

 

· istighosah

 

 

Ibu-ibu

 

 

 

 

Remaja

 

 

 

Bapak-bapak

 

 

Ibu-ibu

 

Minggu Manis

 

 

Ds gunung raja

 

 

Pengajian selapanan

 

 

Umum

 

Minggu pon

 

 

Ds Sijeruk

 

 

Pengajian selapanan

 

 

umum

 

 

 

F. Lembaga Pemerintahan dan Lembaga Desa

 

1. Data perangkat desa adalah sebagai berikut :

 

No

 

 

Jabatan

 

 

Nama

 

 

Jenis Kelamin

 

 

Pendidikan

 

1.

 

 

Kepala Desa

 

 

H. Bilal

 

 

Laki-laki

 

 

SLTA

 

2.

 

 

Sekretaris Desa

 

 

Basuki

 

 

Laki-laki

 

 

STM

 

3.

 

 

Kaur Pemerintahan

 

 

H.Tuyanto

 

 

Laki-laki

 

 

SLTA

 

4.

 

 

Kaur Pembangunan

 

 

Suhardi

 

 

Laki-laki

 

 

SLTA

 

5.

 

 

Kaur Kesra

 

 

Fatimah

 

 

Perempuan

 

 

SLTP

 

6.

 

 

Kaur Keuangan

 

 

Sutaryo

 

 

Laki-laki

 

 

SLTA

 

7.

 

 

Kaur Umum

 

 

Sugeng Sutrisno

 

 

Laki-laki

 

 

SLTA

 

8.

 

 

Kepala Dusun I

 

 

Marjo

 

 

Laki-laki

 

 

SLTA

 

9.

 

 

Kepala Dusun II

 

 

Kusmedi

 

 

Laki-laki

 

 

SLTA

 

 

 

 

I. PROGRAM KERJA DAN PROBLEMATIKA YANG DI HADAPI

 

 

A. Program Kerja KPM

 

 

NO

 

 

NAMA DESA

 

 

PROGRAM KERJA PRIORITAS

 

 

PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG

 

 

REKOMENDASI

 

 

KETERANGAN

 

 

1

 

 

 

Sijeruk

 

 

TPQ (taman pendidikan al-qur’an)

 

 

 

 

 

Ustadz, Ustadzah dan Pak Kades

 

 

Terdapat Tujuh TPQ yang aktif setiap harinya

 

 

 

2

 

 

 

 

Sijeruk

 

 

 

 

KBM (SD, MI, TK)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru-guru SD, MI, dan TK.

 

 

KBM Seminggu enam hari di SD, MI dan TK

 

 

 

 

3

 

 

 

 

Sijeruk

 

 

 

 

 

PLANGISASI;

 

-Perangkat Desa

 

-Penunjuk Arah

 

-Penunjuk Kelas

 

 

 

 

 

 

Perangkat desa Sijeruk, Pengelola MI dan TPQ

 

 

Rp. 75.000,00x 3

 

=Rp225.000,00

 

Rp. 20.00 x 4 = Rp 80.000,00

 

TotalRp. 305.000,00

 

(SWADAYA kelompok Rp 225.000,00

 

Donatur Rp 80.000,00)

 

 

4

 

 

 

Sijeruk

 

 

 

Mengadakan Jama’ah Deresan khotmil Qur‘an

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelompok KPM Desa Sijeruk dan Pak Idris

 

 

 

 

 

Dimulai malam Senin Tanggal 8 Maret 2010

 

 

 

5

 

 

 

Sijeruk

 

 

 

PENGAJIAN

 

 

 

 

Pengajian Walimatul Ursy

 

 

 

 

 

Doa bersama dalam rangka Walimatul Ursy di tempat bapak Kisar

 

 

 

 

6

 

 

 

 

Sijeruk

 

 

 

 

YASINAN KELOMPOK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perangkat Desa, warga dan Mahasiswa KPM Desa Sijeruk

 

 

 

Mengikuti kegiatan yasinan di masing-masing Kelompok (bapak-bapak, ibu-ibu, remaja) tiap Pengajian malam jum’at

 

 

 

7

 

 

 

Sijeruk

 

 

 

PENGAJIAN SELAPANAN

 

 

 

 

 

 

 

 

Desa

 

 

 

 

 

Tiap hari Minggu Pon di Dusun Gunung raja dan Minggu Manis di dusun Sijeruk

 

 

 

 

8

 

 

 

 

Sijeruk

 

 

 

 

BIMBEL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mahasiswa KPM Desa Sijeruk

 

 

 

 

-Pembelajaran Bahasa Inggris

 

-Pembelajaran Fisika

 

– Pembelajaran Matematika

 

-pembelajaran B. Indonesia

 

-Pembelajaran Shalawat & Rebana

 

-Pembelajaran Qiro’ah

 

 

 

9

 

 

 

 

Sijeruk

 

 

Pelatihan payet bagi ibu-ibu PKK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mahasiswa KPM Desa Sijeruk

 

 

Memberikan pengetahuan tentang seni memayet untuk ibu-ibu anggota PKK

 

 

 

10

 

 

 

Sijeruk

 

 

ISTIGHOSAH

 

 

 

 

 

Ibu-ibu Kelompok Pengajian Khoirun An nisa

 

 

 

 

Setiap malam jum’at, bergilir di rumah anggota pengajian

 

 

11

 

 

 

Sijeruk

 

 

 

KERJA BAKTI

 

 

 

 

 

 

Masyarakat desa

 

 

Kerja Bhakti tiap jum’at kliwon di Sarean dan Selasa di kampung

 

12

 

 

Sijeruk

 

 

KHITOBAH

 

 

 

 

 

Irmas dan jama’ah masjid

 

 

Setiap malam Sabtu di TPQ Al Barokah

 

13

 

 

Sijeruk

 

 

REBANA

 

 

 

 

 

 

 

 

Setiap malam kamis di TPQ Al Barokah

 

14

 

 

Sijeruk

 

 

BERJANJEN

 

 

 

 

 

 

 

 

Setiap malam rabu di masjid Al muttaqin Dusun Sijeruk

 

Setiap malam Rabu di desa Gunung raja

 

15

 

 

Sijeruk

 

 

MUJAHADAH

 

 

 

 

 

Pak lurah

 

 

Setiap malam selasa

 

16

 

 

Sijeruk

 

 

PENGAJIAN

 

 

 

 

 

Ustadz ustadzah para pengampu TPQ dan Masjid

 

 

Setiap hari ba‘da maghrib sampai isya

 

17

 

 

Sijeruk

 

 

ISTIGHOSAH

 

 

 

 

 

 

 

 

Istighosah untuk walimatul ursy di tempat bapak Margo Utomo

 

 

B. Problematika Yang Dihadapi

 

Problematika dalam masyarakat adalah bagian dari sumber pembelajaran bagi peserta KPM. Ada pepatah yang mengatakan bukan hidup tanpa masalah tapi hidup adalah penyelesaian masalah. Pemuda adalah bagian terpenting dari masyarakat yang menduduki fungsi penting sebagai social control. Ketika organisasi kepemudaan seolah tertidur pulas maka menjadi sebuah problem yang menjadi PR tersendiri bagi peserta KPM Sijeruk. Hingga pada minggu ke dua keberadaan KPM di Desa Sijeruk berinisiatif untuk membentuk program deresan di masjid Al muttaqin. Semoga keberadaannya bisa berbuah manfaat bagi sesama dan semoga mampu membawa perubahan positive di Desa Sijeruk.

 

C. Faktor Penghambat dan Pendukung

 

Yang menjadi faktor penghambat adalah jauhnya jarak antara posko putra dan putri sehinga mengakibatkan sulit nya koordinasi. Akan tetapi itu semua terobati oleh antusiasme masyarakat Sijeruk terhadap KPM UNSIQ 2010 sehingga peserta KPM tetap semangat. Begitu antusiasnya masyarakat Sijeruk dengan kegiatan keagamaan membuat mahasiswa tertantang terutama dengan keberadaan tujuh TPQ yang berdiri di desa Sijeruk dan banyaknya kegiatan keagamaan yang diharapkan masyarakat menjadi pengalaman indah tersendiri bagi mahasiswa KPM UNSIQ di Desa sijeruk.

 

 

 

 

 

 

BAB III

 

ALTERNATIF PELAKSANAAN PROGRAM YANG DITEMPUH

 

A. Bidang Keagamaan

 

Sebagaimana telah diungkapkan sebelumnya, bahwa dinamika keagamaan di desa Sijeruk relatif baik. Dan dengan berbagai pertimbangan, maka alternative pelaksanaan program yang ditempuh oleh kawan-kawan peserta KPM UNSIQ di Sijeruk adalah :

 

1. Membantu mengajar pengajian Diniyah dan TPQ yang dilaksanakan setiap hari, baik pelajar pokok / iqro’ maupun pelajaran tambahan di :

 

· TPQ gunung raja

 

· TPQ Al Barokah

 

· TPQ Al Hidayah

 

· TPQ Al Qudus

 

· TPQ Al Mukmin

 

· TPQ Al Muttaqin

 

· TPQ An nur

 

2. Menyampaikan pengajian / ceramah umum pada setiap pertemuan pengajian, yang antara lain adalah :

 

· Pengajian tahlilan Ibu-ibu,

 

· Remaja desa

 

· Pengajian Istighosah khoirun an nisa

 

· Yasin dan tahlil bapak-bapak

 

· Deresan

 

· Sholat jum’at

 

· Jama’ah sholat di tiap masjid dan mushola.

 

3. Partisipasi Pengajian Rutin (Yasinan, selapanan)

 

Sebagai bagian bentuk sosialisasi keberadaan KPM sekaligus proses internalisasi dengan masyarakat, maka peserta KPM berpartisipasi melaui kegiatan : Yasinan malam jum’at dan Pengajian selapanan tiap minggu pon dan minggu legi.

 

4. Mengajar Tilawatil Qur’an

 

Memberikan pengetahuan dasar tentang seni baca Al-Qur’an/qiro’ah.

 

5. Berpartisipasi dalam kegiatan diklat Ustadz-ustadzah yang dilakukan oleh koordinator kecamatan dan melibatkan ustadz se kecamatan Banjarmangu, dengan materi pengajaran metode pengajaran Al-Qur’an yaitu “ Diklat Yanbu’a “.

 

6. Khataman Al-Qur’an sebagai penutupan kegiatan KPM sekaligus Mauidhoh Khasanah oleh Bapak Sudani dari Kalibeber.

 

B. Bidang Prasarana Fisik dan Lingkungan Hidup

 

Hambatan minimnya kekuatan finansial dari kawan-kawan peserta KPM di desa Sijeruk tidak menghalangi niatan untuk merealisasikan program di bidang prasarana fisik dan lingkungan hidup. Adapun alternative kegiatan yang ditempuh adalah :

 

1. Kegiatan gotong royong/kerja bakti.

 

2. Pembuatan plang (Plangisasi)

 

Meliputi :

 

· Papan penunjuk arah

 

· Plangisasi MI, TK dan BPD

 

 

C. Bidang Administrasi Pemerintah

 

Di bidang administrasi pemerintahan desa, banyak hal yang dapat dilakukan dan tidak begitu banyak kendala yang dihadapi. Justru dukungan dari aparat desa sangat besar, sebab program ini sangat membantu proses pembenahan dan penertiban administrasi desa Sijeruk. Adapun yang menjadi alternatif kegiatan di bidang administrasi desa, antara lain adalah :

 

1. Membantu pembuatan papan PKK

 

2. Membantu membenahi administrasi

 

3. Pelatihan Komputer, khususnya bagi perangkat desa, meliputi :

 

· Pengenalan Sistem operasi basic computer

 

· Pengoperasionalan Microsoft Word dan Excel

 

4. Membantu melangkapi administrasi PKK desa Sijeruk sebagai persyaratan menjadi desa binaan.

 

D. Bidang Pendidikan

 

Beberapa alternative kegiatan di bidang pendidikan yang dilakukan oleh peserta KPM desa Sijeruk adalah :

 

1. Membantu proses kegiatan belajar mengajar di SD Sijeruk dengan memberikan pelajaran :

 

· Muatan lokal Bahasa Inggris

 

· Pengembangan diri berbentuk ketrampilan tangan.

 

2. Mengajar di MI Cokroaminoto

 

· Mengajar intrakulikuler (full time)

 

· Ekstrakulikuler berupa ketrampilan.

 

 

3. Bimbingan belajar pra UAN & UAS bagi siswa kelas 6 SD N Sijeruk secara intensif untuk persiapan menghadapi ujian, meliputi mata pelajaran : Bahasa Inggris, Matematika, Fisika dan Bahasa Indonesia

 

4. Mengajar TK PGRI Putra Bangsa Sijeruk, dengan materi :

 

· Pendidikan Agama

 

5. Mendidikan pos PAUD

 

 

E. Bidang Sosial / Kemasyarakatan dan Budaya

 

Khusus untuk kegiatan di bidang sosial / kemayarakatan dan budaya, peserta KPM di Sijeruk berinisiatif untuk lebih banyak berimprovisasi dan mengikuti arus. Artinya, kegiatan yang dilakukan adalah dengan terlibat/mengikuti agenda yang sudah menjadi rutinitas masyarakat desa Sijeruk. Kendati demikian kami tetap memiliki alternative kegiatan seperti :

 

1. Silaturahmi dan Perkenalan KPM

 

Merupakan kegiatan awal sebagai proses internalisasi dan taaruf antara peserta KPM dengan masyarakat Sijeruk.

 

2. Posyandu dan PKK di Desa Sijeruk

 

Peserta KPM khususnya peserta putri, ikut terlibat sekaligus membantu kegiatan Posyandu dan PKK di desa Sijeruk.

 

3. Terlibat dalam kegiatan arisan ibu-ibu dan DASAWISMA, yaitu dengan memberikan ceramah keagamaan dan pengetahuan umum pada kegiatan tersebut

4. Kerja bakti dan gotong royong.

 

 

F. Tabulasi Hasil Kegiatan

 

Tabulasi hasil kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) UNSIQ di Desa Sijeruk secara lengkap dapat dilihat pada tabel 1.1 sampai table 1.6 pada lampiran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

 

KESIMPULAN DAN SARAN

 

 

A. Kesimpulan

 

Selama 40 hari pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo yang kami laksanakan di Desa Sijeruk, kecamatan Banjarmangu, banyak hal yang telah kami dapatkan sebagai pelajaran yang sangat berharga. Sangat sulit untuk menggambarkan perjalanan 40 hari ini, sebab terlalu banyak kenangan yang telah terukir di desa Sijeruk. Namun setidaknya ada beberapa hal yang dapat kami simpulkan, antara lain adalah :

 

1. Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) sebagai implementasi dari dari Tri Darma Perguruan Tinggi masih harus sangat perlu dilakukan pembenahan konsep dan format KPM agar dapat lebih mengena. Sehingga KPM tidak hanya menjadi kegiatan formalitas akademis semata.

 

2. Pelaksanaan KPM UNSIQ di Desa Sijeruk, secara umum dapat dikatakan berhasil. Indikatornya adalah bahwa program kerja seluruhnya (100 %) dapat terlaksana. Meski kami akui, beberapa program tidak dapat terlaksana secara maksimal. Hal ini lebih karena adanya beberapa factor penghambat yang tidak dapat dihindarkan.

 

3. Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di Desa Sijeruk telah memberikan banyak pelajaran berarti bagi kami, pelajaran yang kami dapatkan langsung dari proses komunikasi dan sosialisasi dengan masyarakat.

 

4. Keseriusan dan semangat kerja dari kawan-kawan KPM desa Sijeruk, serta didukung dengan kekompakan tim merupakan factor-faktor kunci dari keberhasilan kami, disamping tentu saja antusiasme yang tinggi dan dukungan dari masyarakat beserta perangkat desa untuk berpartisipasi dalam program-program KPM.

 

 

 

 

 

G. Saran

 

Melalui laporan akhir Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) desa Sijeruk ini, kami sekaligus bermaksud menyampaikan saran bagi pengembangan KPM di masa yang akan datang.

 

KPM adalah kuliah pengabdian masyarakat yang menyangkut pada tridarma perguruan tinggi yang isinya pendidikan, penelitian dan pengabdian. Begitu besar peran mahasiswa dalam ekosistem kehidupan ini, yang salah satunya adalah sebagai agent of change. Oleh karena itu program ini wajib diikiuti oleh seluruh mahasiswa semester akhir.

 

Ketika kita dihadapkan langsung pada masyarakat untuk mengabdikan diri ternyata kita masih memiliki banyak kekurangan, bahkan kita masih gagap dalam mengimplikasikan bekal akademis yang di dapatkan dari bangku kuliah untuk masyarakat. Dengan mengikuti KPM kita menjadi tahu bagaimana cara berinteraksi langsung dengan masyarakat, tidak mudah memang tapi jika dapat dijalankan dengan penuh kesungguhan maka kita akan mampu masuk dan menjadi bagian dari mereka. Selama mengikuti KPM banyak sekali hal yang dapat kita ambil beberapa pelajaran –pelajaran berharga yang mudah – mudahan mampu menjadi bekal kita untuk membangun masyarakat secara nyata.

 

Besar harapan kami peserta KPM untuk lebih bisa meningkatkan kemampuan kita di bidang social kemasyarakatan agar kelak mampu membangun hubungan internal dengan mereka. Sikap mahasiswa dalam menghadapi segala bentuk tantangan di masyarakat jangan pernah mengenal rasa lelah dan putus asa karena di depan kita masih banyak tantangan yang harus dilalui. Semoga KPM yang akan datang jauh lebih baik dari sekarang dan lebih banyak bekal kemasyarakatan.

 

Dari KPM selama menjalankan tugas jika terdapat banyak kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.kami sampaikan juga ucapan terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM).

 

 

 

 

Profil Anggota KPM Desa Sijeruk

 

 

Nama : Agus Salim

 

Tempat/ tanggal lahir : Batang, 25 Agustus 1988

 

Alamat : Jl. Ahmad Yani no. 55 rt 02 rw 02 Kauman ,Batang

 

Fakultas/jurusan :FITK/ PAI

 

Nomor HP :08529187076/ 085742042532

 

 

Nama : Ahmad Irfani

 

Tempat/ tanggal lahir :

 

Alamat :

 

Fakultas/jurusan :

 

Nomor HP :

 

 

Nama : Ahmad Jamil

 

Tempat/ tanggal lahir : Kendal, 15 April 1988

 

Alamat : jl. Utama Tanjungsari rt 01 rw 04 Rowosari, Kendal

 

Fakultas/ jurusan :FITK/PAI

 

Nomor HP :085643558720

 

 

Nama : Ahmad Tohir

 

Tempat/ tanggal lahir : Batang, 10 mei 1988

 

Alamat : Kambangan rt03 rw 03 Blado, Batang

 

Fakultas/jurusan :FITK/ PAI

 

Nomor HP :085228060778

 

 

Nama : Bagio

 

Tempat/ tanggal lahir : Banjarnegara, 19 September 1984

 

Alamat : Seger, Karang anyar rt 01 rw 03 Kalibening, banjarnegara

 

Fakultas/jurusan :FSHI (Fakultas syari’ah dan Hukum Islam)

 

Nomor HP :085227767512

 

 

 

Nama : Dewi Her praptining

 

Tempat/ tanggal lahir :Wonosobo,30 Juni 1988

 

Alamat : Kp Prajuritan Atas Nm 32 Rt02 Rw 09 Wonosobo

 

Fakultas/jurusan : Bahasa Dan Sastra Inggris/ sastra Inggris

 

Nomor HP :085229845669

 

 

Nama : Dwi Agus Hermawan

 

Tempat/ tanggal lahir : Wonosobo, 17 agustus 1984

 

Alamat : Bener kidul Rt 02 RW 04 bener, kepil, Wonosobo

 

Fakultas/jurusan : Teknik/ arsitektur

 

Nomor HP :085868117580

 

 

Nama : Farah ma’rify

 

Tempat/ tanggal lahir :Wonosobo,04 April 1976

 

Alamat : Kalibeber Rt 02 Rw 02 Mojotengah, Wonosobo

 

Fakultas/jurusan : Dakwah

 

Nomor HP :081392920110

 

 

Nama : Hari Wahyuni

 

Tempat/ tanggal lahir :Temanggung,13 Agustus 1988

 

Alamat : Paponan Rt 01 Rw 01 Kledung Temanggung.

 

Fakultas/jurusan : Fakultas Ekonomi Manajemen

 

Nomor HP :085229845687

 

 

Nama : Krestiana

 

Tempat/ tanggal lahir : Bantul 24 April 1988

 

Alamat : Sibunderan Krasak Rt 05 Rw 04 Krasak, Mojotengah

 

Fakultas/jurusan :FITK/ Pendidikan Fisika

 

Nomor HP :085291337170

 

 

Nama : Ulfiatun Nur Faizah

 

Tempat/ tanggal lahir : Wonosobo, 11 September 1988

 

Alamat : Banjarsari Rt 04 Rw 03 Sukoharjo, Wonosobo

 

Fakultas/jurusan : FITK/ Pendidikan fisika

 

Nomor HP : 087834227124

 

 

Nama : Yanuar Ade Chandra

 

Tempat/ tanggal lahir : Wonosobo, 4 Januari 1989

 

Alamat : Perumahan Bumi Sindoro Baru ,Andongsili Wonosobo.

 

Fakultas/jurusan : FTIK (Tehnik Informatika)

 

Nomor HP :08522977409

under arsip:  Perkulihan.com.

 CONTOH PENYUSUNAN LAPORAN KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT ( KPM ) / KKN,LAPORAN KPM, format laporan kkn, contoh laporan kpm

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*